Kalimantan Timur
Penguatan Kelembagaan Petani Kelapa Melalui Dinamika Kelompok

ist

PENAJAM - Dalam upaya penguatan kelembagaan petani khususnya petani pekebun, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melaksanakan kegiatan Dinamika Kelompok yang melibatkan petani kelapa  di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kepala Dinas Perkebunan diwakili Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Bambang Fajrul Fallah mengatakan umumnya permasalahan terjadi adalah manajemen pengelolaan kelompok tani (poktan) yang kurang baik dan tidak tepat sasaran.

“Dinamika Kelompok merupakan salah satu upaya kami dalam hal penguatan kelembagaan. Selama ini banyak poktan hanya berdasarkan kegiatan swadaya masyarakat saja. Melalui pembinaan maka poktan akan bisa lebih maju,” ungkap Bambang di Kantor Dinas Perkebunan Katim Jalan Rawa Indah Samarinda, Selasa (16/10).

Pada tahap ini, Bambang menjelaakan, Disbun memfokuskan pada pelatihan penumbuhan Kebersamaan (dinamika kelompok) yang diikuti 12 peserta dari Poktan Pada Idi Kampung Baru, Penajam, PPU.

"Melalui kegiatan dinamika kelompok ini, diharapkan kelompok tani akan semakin kuat dan berkembang. Wawasan pemahaman dan penghayatannya dalam hal pengelolaan kelompok tani melalui sistem kebersamaan ekonomi berdasarkan manajemen kemitraan," ungkap Bambang.

Ditambahkan, kegiatan didanai melalui APBD Kaltim tahun 2019. Yakni kegiatan perluasan kelapa 20 hektar. Dimana telah disalurkan bantuan berupa bibit kelapa 2.000 batang, pupuk NPK sebanyak 2.000 kilogram dan 100 liter herbisida.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Disbun Optimis Kembali Berjaya
Disbun Optimis Kembali Berjaya

24 Januari 2015 Jam 00:00:00
Perkebunan

Harga TBS Sawit Oktober Kembali Naik
Harga TBS Sawit Oktober Kembali Naik

30 September 2013 Jam 00:00:00
Perkebunan

Lindungi Areal Nilai Konservasi
Lindungi Areal Nilai Konservasi

01 Oktober 2020 Jam 21:59:38
Perkebunan

Disbun Fasilitasi Pemasaran Lada
Disbun Fasilitasi Pemasaran Lada

11 Maret 2020 Jam 09:26:54
Perkebunan

Disbun Optimalisasi Lahan Kritis
Disbun Optimalisasi Lahan Kritis

26 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Perkebunan

Government Public Relation