Kalimantan Timur
Peringatan Hari Pahlawan ke-77. Mensos : Indonesia, Bangsa Pemenang

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Mewakili Gubernur Kaltim, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni memimpin Upacara Hari Pahlawan ke-77 di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Jalan Pahlawan Samarinda, Kamis, 10 November 2022. 

 

Upacara diawali mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara, dilanjutkan pembacaan pembukaan UUD 1945 dan pesan-pesan pahlawan oleh petugas. 

 

Dalam amanah tertulisnya dibacakan Inspektur Upacara Sri Wahyuni, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengajak segenap anak bangsa generasi penerus kemerdekaan untuk menghidupkan kembali dalam benak bagaimana perjuangan para pahlawan bangsa.  

 

Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan menurut Mensos, penting diresapi semangat dan keikhlasannya. 

 

Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. 

 

Tapi para pejuang terus berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Hari ini pun Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata- nyata berada menghadang di hadapan. 

 

Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih. 

 

Selain itu, kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. 

"Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Mari kita bergerak dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali merdeka, tetap merdeka," ungkapnya.

 

Upacara diikuti satuan TNI, Polri, pelajar SMK Pelayaran, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari dan Dharma Wanita Persatuan Kaltim, diakhiri dengan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara Sri Wahyuni, dilanjutkan tabur bunga diikuti peserta upacara di makam pahlawan dan Taman Bahagia.

 

Hadir jajaran Forkopimda Kaltim, Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mujiyono, Danrem 091 ASN Brigjen Dendi Suryadi, Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim, Danlanal, Danlanud, legiun veteran, tokoh masyarakat dan organisasi pemuda.(yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation