Kalimantan Timur
Peringati Isra Mikraj, Pemprov Kaltim Hadirkan Ustaz Das’ad Latif

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Peringatan Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1443 Hijriah di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, Selasa (8/3/2022).

Acara bertema Hijrah Menuju Pribadi Yang Lebih Baik dalam rangka Menyambut Bulan Suci Ramadan dilaksanakan di Masjid Nurul Mu'minin Pemerintah Provinsi Kaltim menghadirkan penceramah kondang dari Sulawesi Selatan, Ustaz Das'ad Latif.

Mewakili Gubernur Kaltim, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Deni Sutrisno mengemukakan saat ini pemerintah tengah berjuang, membangun bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik, maju dan sejahtera. 

"Pemerintah Provinsi Kaltim dengan visinya Berani untuk Kalimantan Timur yang Berdaulat dalam pelaksanaan pembangunan di bidang agama, menekankan pada upaya menjadikan masyarakat Kaltim yang religius dan berakhlak mulia," kata Gubernur Isran Noor dalam sambutan tertulisnya.

Karena itu, hikmah terpenting dari peringatan Isra Mikraj adalah peningkatan keyakinan atas ajaran aqidah Islam. 

"Kita harus terus maju dan melangkah tentang bagaimana membangun generasi yang muttaqin, yaitu generasi yang beriman kepada yang gaib dan mendirikan salat," ungkapnya.

Juga membangun generasi yang mu’ammiriin, yaitu generasi yang memakmurkan bumi serta mempunyai sifat-sifat mulia lainnya.

Gubernur juga mengajak bersama terus berusaha menjalin kekompakan, persatuan dan kesatuan. 

 

"Dengan hikmah Isra Mikraj Rasulullah SAW, marilah kita bangun peradaban yang unggul untuk mewujudkan Kaltim yang sejahtera, berdaulat dan bermartabat," ajaknya.

Ustaz Das'ad Latif dalam untaian hikmah Isra Mikraj, mengajak seluruh jemaah untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi seluruh larangan-Nya, serta mengikuti sunnah Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW," ucap Das'ad Latif mengawali ceramahnya.

Selanjutnya, berbagai persiapan perlu dilakukan setiap umat muslim dalam menyambut bulan suci Ramadan, termasuk amaliah menjelang dan saat memasuki penghulu segala bulan tersebut.

Di antaranya, menyambung silaturahmi dan saling maaf-memaafkan, terlebih kepada orang tua, suami istri, sanak keluarga, sahabat dan tetangga.

"Selain itu, perbanyak membaca salawat dan mengerjakan ibadah sunah selain ibadah wajib, serta bersedekah," pesannya.

Hadir Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Ketua Pengurus Masjid Nurul Mu'minin Pemerintah Provinsi Kaltim HS Fathul Halim, Ketua MUI Kaltim HM Abdurasyid dan Ketua Ketua Baznas Kaltim H Achmad Nabhan, pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim, alim ulama serta ribuan masyarakat Samarinda dan sekitarnya. (yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait