Kalimantan Timur
Permudah Masyarakat Akses Informasi, PPID Harus Selalu TIngkatkan Layanan

Foto Fathur Rachman / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

BALIKPAPAN - Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi meminta para pengelola layanan informasi di tiap organisasi perangkat daerah (OPD) dapat terus meningkatkan pelayanan informasi ke masyarakat, sehingga masyarakat mendapat kemudahan dalam mengakses informasi.

 

Penegasan itu disampaikan Plt Sekda Kaltim dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, HM Faisal, saat membuka Rapat Kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Kaltim di Hotel Jatra Balikpapan, (16/6/2022).

 

“PPID sebagai pengelola layanan informasi dan dokumentasi mempunyai kewajiban untuk selalu meningkatkan pelayanan informasi di tiap satuan kerjanya” sebut Riza.

 

Peningkatan layanan informasi itu, lanjut Riza diharapkan dapat memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan, baik informasi berkala, serta merta maupun informasi dan dokumentasi lainnya.

 

“Sepanjang informasi tersebut informasi yang bersifat terbuka, badan publik wajib menyediakan sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun  2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," kata Riza.

 

Dia mengatakan, PPID memiliki peran penting dalam mengedukasi dan memberikan pemahaman tentang capaian-capaian pembangunan di Kaltim maupun berbagai kebijakannya kepada masyarakat, melalui layanan informasi yang dikelola pada masing-masing OPD.

 

Selalu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, HM Faisal mengatakan pihaknya siap membantu dan bekerjasama dalam upaya peningkatan layanan informasi yang dikelola PPID di lingkup Kaltim.

 

“Jangan segan untuk datang ke Dinas Kominfo, kami siap membantu jika PPID pelaksana di tiap OPD ada kendala atau permasalahan," kata Faisyal.

 

Dia mengingatkan, PPID pelaksana di tiap OPD untuk selalu memperbaharui informasi dan dokumentasi yang dikelola, jangan sampai informasi yang disampaikan tidak up to date.

 

“Penting juga untuk diperbaharui SK pengelola PPID-nya, jangan sampai orangnya sudah pindah atau tidak bertugas lagi, tetapi namanya masih tercantum dalam SK," tambahnya.

 

Rakor PPID se-Kaltim menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya, Kordinator Tata Kelola  Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Mulyani, Ketua Komisi Informasi  (KI) Kaltim Ramaon Dearnov Saragih dan Komisioner KI Kaltim M Haidir . (gie/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation