Kalimantan Timur
Perusahaan Bangun SDM untuk Kelola SDA

Foto:arief/humaskaltim

BERAU - Jumat (25/6/2021), menutup rangkaian kunjungan kerjanya di wilayah utara Kaltim di hari kedua, Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi bersama jajaran Pemerintah Provinsi Kaltim mengunjungi Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Kabupaten Berau.

 

Masih setia mendampingi sekaligus menyambut kehadiran orang nomor satu dan nomor dua Benua Etam ini, Bupati Berau Hj Sri Juniarsih Mas dan Wakil Bupati H Gamalis, Sekdakab Muhammad Gajali beserta jajaran Forkopimda dan Pemkab Berau.

 

Tampak pula jajaran manajemen PT Berau Coal Yoyok N Pramono, GM Eksternal Aprianto dan Humas/Public Relation Arief Susanto serta pimpinan lainnya.

 

Selain mengapresiasi pengusaha/perusahaan yang membangun kemitraan dengan masyarakat, Gubernur Isran Noor menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kinerja perusahaan melalui program-programnya mendukung program dan kegiatan pemerintah daerah.

 

"Kemarin, saat di Bontang, saya dan kami semua menyaksikan serta melihat langsung kegiatan masyarakat nelayan bekerjasama dengan pengusaha industri pupuk (PKT) untuk pengembabgan budidaya kerapu dan lobster," kata mantan Bupati Kutai Timur ini.

 

Dan Jumat tadi siang, lanjutnya, kembali dirinya bersama rombongan  menyaksikan sekaligus meresmikan tiga sekolah (SMP) di Kabupaten Kutai Timur yang dibangun pihak swasta (perusahaan kelapa sawit).

 

"Nama perusahaannya PT Tapian Nadenggan atau PT Sinar Mas di Desa Jak Luay Kecamatan Muara Wahau," ujarnya.

 

Berlanjut, di Kabupaten Berau, ungkapnya, tadi sore pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kampung Labanan Makarti untuk kegiatan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Surya Jaya Abadi.

 

"Malam ini tadi, kita bersama melihat pengolahan coklat, apa kakao kah namanya tu. Diprakarsai PT Berau Coal. Dan ini, di sini kita hadir di polliteknik yang juga dikelola dan disupport perusahaan tambang batu bara (PT Berau Coal)," ungkapnya.

 

Baik di Kutai Timur maupun Berau, diakuinya, perusahaan yang terlibat dalam mendukung perekonomian dan pembangunan sumber daya masyarakat, yakni Sinar Mas.

 

"Di Kutai Timur, grup perusahaannya Sinar Mas. Di Barrau (Berau), juga Sinar Mas. Jadi saya berterimakasih kepada manajemen PT Sinar Mas atau Berau Coal ini," ucapnya.

 

Isran Noor menegaskan selayaknya pengusaha atau pun perusahaan menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat sekitarnya.

 

Seperti membangun sarana pendidikan, baik sekolah maupun politeknik tentu sangat besar manfaatnya bagi masyarakat dan pemerintah daerah pasti sangat terbantu atas dukungannya.

 

"Jadi saya ucapkan terima kasih kepada manajemen Berau Coal yang begitu care, begitu peduli terhadap pembangunan di sekitar perusahaan," ujarnya.

 

Bagi suami Ketua TP PKK Kaltim, Hj Norbaiti ini, pembangunan dunia pendidikan berarti membangun sumber daya manusia, sehingga memiliki kemampuan dan keahlian dalam mengelola sumber daya alam Kaltim yang berlimpah.

 

"Kami apresiasi atas sinergi dan dukungan pihak swasta ikut membangun SDM di daerah," pungkasnya.

 

Di akhir acara, selain menyerahkan bantuan berupa sarana prasarana bidang kelautan perikanan, peternakan, perkebunan dan pertanian, Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi menerima cinderamata berupa kopiah hasil karya kampung dampingan binaan PT Berau Coal.(yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait