BALIKPAPAN - Peningkatan kualitas pelayanan memerlukan komitmen seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di semua tingkatan. Tujuannya demi perbaikan pelayanan tidak hanya penyediaan dokumen, tapi juga SDM yang andal. Salah satunya adalah petugas front office.
Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita mengatakan petugas front office adalah orang pertama yang akan ditemui atau dijumpai oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan. Sehingga petugas front office harus menguasai semua aturan, standar pelayanan dan seluruh kebijakan terkait adminstrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
“Agar masyarakat dapat memahami, mengenal dan dapat pengetahuan baru tentang produk-produk dari administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, termasuk situasi dan kondisi kantor,” ujar Soraya pada kegiatan Bimtek Front Office Disdukcapil Se-Kaltim yang berlangsung di Hotel Golden Tulip Balikpapan, Selasa (16/11/2021).
Soraya menambahkan, ruang pelayanan Dukcapil bisa mengadopsi dari front office pelayanan swasta seperti bank. Tata ruang yang rapi, AC, tempat duduk yang layak, antrean yang jelas, dan pelayanan yang tertib dan teratur.
“Di beberapa Disdukcapil kabupaten kota di Kaltim sudah menerapkan design sistem pelayanan swasta ini ke sistem pelayanan publik mereka, yaitu memiliki ruang pelayanan yang nyaman dengan design modern. Menggunakan sistem antrean secara elektronik, ramah terhadap lansia, penyandang disabilitas, ibu menyusui dan anak,” tandasnya.
Soraya berharap semakin baik pelayanan yang diberikan, maka kepercayaan masyarakat semakin tumbuh dengan baik, dan tujuan akhirnya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan tertib administrasi kependudukan.
Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta. Hadir menjadi narasumber perwakilan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI Febryan Denistya Perdana, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kaltim Iwan Setiawan, dan Akademisi Fisipol Universitas Mulawarman Abdullah Karim. (mar/sul/adpimprov kaltim)
02 Desember 2018 Jam 23:35:32
Kependudukan dan Catatan Sipil
21 Oktober 2018 Jam 19:25:18
Kependudukan dan Catatan Sipil
09 Desember 2019 Jam 08:47:24
Kependudukan dan Catatan Sipil
21 April 2020 Jam 19:13:36
Kependudukan dan Catatan Sipil
06 Mei 2020 Jam 21:57:29
Kependudukan dan Catatan Sipil
21 November 2018 Jam 01:14:36
Kependudukan dan Catatan Sipil
06 Februari 2023 Jam 22:34:41
Wakil Gubernur Kaltim
06 Februari 2023 Jam 22:32:45
Wakil Gubernur Kaltim
06 Februari 2023 Jam 22:31:18
Gubernur Kaltim
06 Februari 2023 Jam 22:27:59
Wakil Gubernur Kaltim
06 Februari 2023 Jam 22:26:09
Wakil Gubernur Kaltim
14 Maret 2022 Jam 15:54:00
Ibu Kota Negara
06 Januari 2014 Jam 00:00:00
Pertanian dan Ketahanan Pangan
11 September 2019 Jam 23:31:22
Pendidikan
08 April 2013 Jam 00:00:00
Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri
26 Oktober 2018 Jam 08:10:25
Produk K-UKM
30 Juni 2019 Jam 08:35:33
Kebudayaan dan Pariwisata
26 Oktober 2020 Jam 10:51:16
Dekranasda
23 September 2018 Jam 15:03:41
Kolom Minggu
07 Juni 2016 Jam 00:00:00
Pembangunan
07 Juli 2022 Jam 10:10:28
PKK