BALIKPAPAN - Peningkatan kualitas pelayanan memerlukan komitmen seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di semua tingkatan. Tujuannya demi perbaikan pelayanan tidak hanya penyediaan dokumen, tapi juga SDM yang andal. Salah satunya adalah petugas front office.
Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita mengatakan petugas front office adalah orang pertama yang akan ditemui atau dijumpai oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan. Sehingga petugas front office harus menguasai semua aturan, standar pelayanan dan seluruh kebijakan terkait adminstrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
“Agar masyarakat dapat memahami, mengenal dan dapat pengetahuan baru tentang produk-produk dari administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, termasuk situasi dan kondisi kantor,” ujar Soraya pada kegiatan Bimtek Front Office Disdukcapil Se-Kaltim yang berlangsung di Hotel Golden Tulip Balikpapan, Selasa (16/11/2021).
Soraya menambahkan, ruang pelayanan Dukcapil bisa mengadopsi dari front office pelayanan swasta seperti bank. Tata ruang yang rapi, AC, tempat duduk yang layak, antrean yang jelas, dan pelayanan yang tertib dan teratur.
“Di beberapa Disdukcapil kabupaten kota di Kaltim sudah menerapkan design sistem pelayanan swasta ini ke sistem pelayanan publik mereka, yaitu memiliki ruang pelayanan yang nyaman dengan design modern. Menggunakan sistem antrean secara elektronik, ramah terhadap lansia, penyandang disabilitas, ibu menyusui dan anak,” tandasnya.
Soraya berharap semakin baik pelayanan yang diberikan, maka kepercayaan masyarakat semakin tumbuh dengan baik, dan tujuan akhirnya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan tertib administrasi kependudukan.
Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta. Hadir menjadi narasumber perwakilan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI Febryan Denistya Perdana, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kaltim Iwan Setiawan, dan Akademisi Fisipol Universitas Mulawarman Abdullah Karim. (mar/sul/adpimprov kaltim)
24 Februari 2019 Jam 19:50:28
Kependudukan dan Catatan Sipil
19 November 2017 Jam 23:38:07
Kependudukan dan Catatan Sipil
04 Juli 2019 Jam 20:57:26
Kependudukan dan Catatan Sipil
08 Februari 2013 Jam 00:00:00
Kependudukan dan Catatan Sipil
05 Mei 2020 Jam 16:27:44
Kependudukan dan Catatan Sipil
25 November 2015 Jam 00:00:00
Kependudukan dan Catatan Sipil
08 Desember 2023 Jam 18:56:58
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 18:03:53
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 14:07:24
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 11:20:15
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 11:18:01
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur
06 Januari 2014 Jam 00:00:00
Pertanian dan Ketahanan Pangan
14 Maret 2022 Jam 15:54:00
Ibu Kota Negara
08 April 2013 Jam 00:00:00
Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri
06 Juni 2022 Jam 19:30:28
Informasi dan Komunikasi
11 September 2019 Jam 23:31:22
Pendidikan
10 Juni 2020 Jam 23:53:08
Pemerintahan
18 Februari 2019 Jam 02:56:27
Pendidikan
08 Februari 2013 Jam 00:00:00
Penanggulangan Bencana
04 Maret 2013 Jam 00:00:00
Pelatihan, Kepegawaian
13 November 2021 Jam 11:47:06
Kegiatan Pemerintah