BALIKPAPAN - Peningkatan kualitas pelayanan memerlukan komitmen seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di semua tingkatan. Tujuannya demi perbaikan pelayanan tidak hanya penyediaan dokumen, tapi juga SDM yang andal. Salah satunya adalah petugas front office.
Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita mengatakan petugas front office adalah orang pertama yang akan ditemui atau dijumpai oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan. Sehingga petugas front office harus menguasai semua aturan, standar pelayanan dan seluruh kebijakan terkait adminstrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
“Agar masyarakat dapat memahami, mengenal dan dapat pengetahuan baru tentang produk-produk dari administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, termasuk situasi dan kondisi kantor,” ujar Soraya pada kegiatan Bimtek Front Office Disdukcapil Se-Kaltim yang berlangsung di Hotel Golden Tulip Balikpapan, Selasa (16/11/2021).
Soraya menambahkan, ruang pelayanan Dukcapil bisa mengadopsi dari front office pelayanan swasta seperti bank. Tata ruang yang rapi, AC, tempat duduk yang layak, antrean yang jelas, dan pelayanan yang tertib dan teratur.
“Di beberapa Disdukcapil kabupaten kota di Kaltim sudah menerapkan design sistem pelayanan swasta ini ke sistem pelayanan publik mereka, yaitu memiliki ruang pelayanan yang nyaman dengan design modern. Menggunakan sistem antrean secara elektronik, ramah terhadap lansia, penyandang disabilitas, ibu menyusui dan anak,” tandasnya.
Soraya berharap semakin baik pelayanan yang diberikan, maka kepercayaan masyarakat semakin tumbuh dengan baik, dan tujuan akhirnya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan tertib administrasi kependudukan.
Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta. Hadir menjadi narasumber perwakilan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI Febryan Denistya Perdana, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kaltim Iwan Setiawan, dan Akademisi Fisipol Universitas Mulawarman Abdullah Karim. (mar/sul/adpimprov kaltim)
09 Mei 2019 Jam 10:11:15
Kependudukan dan Catatan Sipil
06 Mei 2019 Jam 22:57:23
Kependudukan dan Catatan Sipil
10 September 2018 Jam 18:30:19
Kependudukan dan Catatan Sipil
27 Januari 2020 Jam 15:24:05
Kependudukan dan Catatan Sipil
18 Mei 2018 Jam 23:44:37
Kependudukan dan Catatan Sipil
29 Agustus 2018 Jam 19:06:07
Kependudukan dan Catatan Sipil
27 Mei 2023 Jam 19:57:38
Wakil Gubernur Kaltim
27 Mei 2023 Jam 18:25:39
Gubernur Kaltim
27 Mei 2023 Jam 18:21:38
Gubernur Kaltim
27 Mei 2023 Jam 18:19:10
Wakil Gubernur Kaltim
27 Mei 2023 Jam 18:17:25
Wakil Gubernur Kaltim
14 Maret 2022 Jam 15:54:00
Ibu Kota Negara
06 Januari 2014 Jam 00:00:00
Pertanian dan Ketahanan Pangan
08 April 2013 Jam 00:00:00
Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri
11 September 2019 Jam 23:31:22
Pendidikan
26 Oktober 2018 Jam 08:10:25
Produk K-UKM
14 September 2013 Jam 00:00:00
Kebudayaan dan Pariwisata
03 Februari 2014 Jam 00:00:00
Pertahanan Keamanan
14 Desember 2018 Jam 20:22:42
Kerjasama Pemerintahan
11 September 2017 Jam 09:02:25
Kegiatan Silaturahmi