Kalimantan Timur
Pj Gubernur Dukung Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024

Foto S. Fathur Rachman / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SAMARINDA - Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menerima kunjungan Direktur Pendidikan (Dirdik) Akademi TNI Brigjen TNI Dodi Muhtar, Jumat (27/10/2023) di Kantor Gubernur Kaltim.

 

Audiensi di dirangkai paparan rencana garis besar Latihan Integritas Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV Tahun 2024 oleh Paban Opsdik Ditdik Akademi TNI Kolonel Inf Zulkifli.

 

Dirdik Akademi TNI Brigjen TNI Dodi Muhtar menyampaikan apresiasi kepada Pj Gubernur Akmal Malik yang bersedia menerima jajarannya, sekaligus bersedia menjadikan Kaltim sebagai wilayah kegiatan Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024.

 

Dipilihnya Provinsi Kalimantan Timur diakui jenderal bintang satu di Akademi Militer ini tidak lain karena adanya pembentukan ibu kota negara baru Republik Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

"Kegiatan ini sebagai perkenalan bagi peserta Latsitarda Nusantara XLIV tentang IKN dan mereka langsung berinteraksi di lapangan," jelasnya.

 

Bahkan, dalam program bagi taruna Akademi Militer (Akmil), Akademi Kepolisian (Akpol), dan Universitas Pertahanan (Unhan) serta IPDN ini, dilakukan kajian lapangan yang dapat membantu program-program pemerintah daerah di Kaltim.

 

"Sekaligus kami perkenalkan kepada masyarakat Kaltim, siapa tahu mereka berminat untuk masuk jenjang pendidikan di akademi TNI. Ada angkatan darat, angkatan udara, angkatan laut, Akpol, juga Unhan dan IPDN," bebernya.

 

Pj Gubernur Akmal Malik menyampaikan apresiasi kepada jajaran Mabes TNI, khususnya Akademi TNI yang menjadikan Kaltim dan IKN sebagai lokasi kegiatan Latsitarda Nusantara 2024.

 

"Saya kan alumni Latsitarda Pak Jenderal. Dan saya tahu TNI tidak banyak omong, mereka suka di lapangan," pujinya.

 

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini pun mengungkapkan keinginannya untuk fokus kegiatan Latsitarda di daerah-daerah yang berada di kawasan buffer zone IKN.

 

Khususnya desa-desa di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Paser dan Balikpapan. Sedangkan Samarinda bisa untuk pos komando.

 

"Kami nanti bisa minta hasil kajian taruna Latsitarda, terutama untuk desa-desa buffer zone IKN," sebutnya.

 

Paban Opsdik Ditdik Akademi TNI Kolonel Inf Zulkifli dalam paparannya menyebutkan peserta Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024 sebanyak 1.803 orang.

 

"Jumlahnya bisa saja nanti berkurang atau bahkan bertambah Pak Pj Gubernur," ujarnya.

 

Disebutkan peserta Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024 di Kaltim, terdiri Akmil 417 orang, AAL 129 orang, AAU 112 orang, Akpol 247 orang, IPDN 200 orang, Poltek SSN 100 orang, Kadet Unhan 200 orang, mahasiswa daerah 100 orang dan pengasuh/pendukung 298 orang.

 

"Kegiatan Latsitarda ada yang fisik dan nonfisik. Kegiatan sekitar satu bulan, dimana 25 hari penuh di lapangan," urainya.

 

Hadir mendampingi Dirdik Akademi TNI, Kapoksahli Pangdam VI/Mlw Brigjen TNI Yuswandi, Aster Kasdam Kol Inf Sapta dan Aspers Kasdam Kol Arh Benny, serta Kasrem, Kasiter dan Kasipers.

 

Tampak hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Polhukam Ririn Sari Dewi, Kepala Badan kesbangpol Sufian Agus, Kepala Biro Kesra Dr Dasmiah dan Kepala Biro Adpim Hj Syarifah Alawiyah(yans/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation