Kalimantan Timur
Pj Gubernur Kaltim Bicara Pemilu di #DemiIndonesia Cerdas Memilih

Foto : Hudais Tri Putra

 

 

Balikpapan - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menjadi pembicara dalam acara   #DemiIndonesia Cerdas Memilih di Hotel Novotel Balikpapan, pada Senin (29/1/2024).

 

Dia pun mengapresiasi acara yang diselenggarakan Detik.com tersebut.

 

"Terima kasih sudah memfasilitasi acara ini kami dari Pemerintah Provinsi Kaltim menghargai sosialisasi ini. Karena Ini adalah tanggung jawab kita," kata Akmal.

 

Selanjutnya, sesuai Pasal 434 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dijelaskan bahwa pemerintah wajib memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara untuk menjamin suksesnya pelaksanaan tahapan pemilu dan pemilihan serentak.

 

Pemprov Kaltim lanjut Akmal, sudah memberikan dukungan termasuk dalam hal anggaran. Dukungan juga diberikan bersama Forkopimda Kaltim untuk meningkatkan partisipasi pemilih. 

 

"Kaltim itu ada 3,9 juta penduduk dan 2.778.664 definitif pemilih tersebar di 11.441 TPS. Terakhir kemarin kami ke Mahakam Ulu, Ujoh Bilang melihat memastikan logistik itu sudah terdistribusi dengan baik. Secara umum semua sudah berjalan dengan baik," jelasnya.

 

Pj Gubernur mengungkapkan terpilihnya Kaltim sebagai lokasi IKN karena Presiden Joko Widodo meyakini  kondisi sosial di daerah ini  sangat kondusif. Meski heterogen dan  majemuk, semua suku dan agama ada di Kaltim, sejarah menunjukkan tidak pernah ada konflik di Benua Etam.

 

"Bersyukur masyarakat Kaltim sangat menjaga kondusifitas.  Kami meyakini  Kaltim bagaikan gula.  Banyak pendatang dari Jawa maupun Sulawesi datang kemari dan 37% lebih dari 1 juta penduduk adalah pemilih muda.  Artinya pemilih muda jangan apatis gunakan hak suara anda pada 14 Februari 2024 nanti," seru Akmal. 

 

Acara  yang dimoderatori Alfito Deannova Gintings itu menegaskan bahwa pemilu ini untuk Indonesia.

 

Selain Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, narasumber lain yang dihadirkan antara lain  Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, Kordiv PP Datin Bawaslu Kota Balikpapan Hamrin, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo.

 

Acara dihadiri mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di  Balikpapan. (tya/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation