Kalimantan Timur
Pj Gubernur Kaltim Hadiri Maratua Culture Festival

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

MARATUA - Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Wakil Bupati Berau H Gamalis menghadiri Maratua Culture Festival di Desa Payung-Payung Kecamatan Maratua, Minggu (17/12/2023).

 

Sebelumnya, Pj Akmal Malik yang datang bersama Pj Ketua TP PKK Kaltim Yulia Zubir Akmal Malik juga sudah mengunjungi Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban.

 

Dalam kunjungan pertamanya ke gugusan kepulauan Derawan setelah dilantik awal Oktober lalu, Akmal Malik mengaku dirinya mengagumi keindahan dan keelokan pulau-pulau di tengah perairan laut  Bumi Batiwakkal itu.

 

Termasuk ajang Maratua Culture Festival yang berkonten food festival, traditional music, dalling dance performance dan bazar produk UMKM selama tiga hari (15-17 Desember) yang digelar Pokdarwis Batu Payung.

 

"Berau menjadi kabupaten kedelapan yang saya kunjungi, dua yang belum, Kutai Timur dan Mahakam Ulu," sebut Akmal Malik membuka sambutan pada Maratua Culture Festival Desa Payung-Payung, Kecamatan Maratua.

 

Dalam pengembangan ekonomi desa, Akmal berharap kepala daerah hingga perangkat desa bisa menggunakan kewenangannya secara optimal agar potensi desa semakin berkembang dan pendapatan masyarakat meningkat.

 

"Pak Wakil gunakan kekuasaan Pak Wakil, Pak Camat gunakan kekuasaan Pak Camat, wajibkan setiap tamu yang datang  menikmati makanan, kuliner dan produk UMKM di sini," pintanya.

 

Akmal berharap  di setiap kamar hotel, cottage atau pun home stay diletakkan produk-produk UMKM warga setempat.

 

"Tadi saya sempat mencicipi sukun, enak sukunnya. Juga amplang, tu ada kue cincin ya. Pasti banyak lagi makanan khas Desa Payung-Payung atau kabupaten ini. Tampilkan itu, sajikan," ucapnya.

 

Termasuk seni dan budaya kekhasan warga setempat, Akmal meminta secara rutin ditampilkan sebagai kearifan lokal, sekaligus daya tarik pengunjung untuk datang ke Maratua dan desa-desanya.

 

"Ajang seperti ini sangat bagus. Tapi tidak perlu menunggu harus ada event-event besar. Cukup kecil-kecilan aja tapi secara rutin dan berkesinambungan," harapnya.

 

Tampak hadir Pj Ketua TP PKK Kaltim dr Yulia Zubir dan Ketua TP PKK Berau Sri Aslinda Gamalis, pengurus TP PKK Kecamatan Maratua, serta pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kabupaten Berau dan perangkat Kecamatan Maratua, serta perangkat desa dan warga Desa Payung-Payung.(yans/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation