Kalimantan Timur
PK21 Berjalan Lancar, BKKBN Kaltim Apresiasi Dukungan Gubernur


BALIKPAPAN - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kaltim M Edi Muin menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Kaltim Isran Noor atas dukungannya pada Program Pendataan Keluarga 2021 (PK21) yang saat ini memasuki tahap sinkronisasi data.

 

“Kami berterimakasih kepada Bapak Gubernur atas dukungan pada Program PK21 berupa bantuan 36 ribu masker bagi kader pendataan yang bekerja di lapangan,” kata Edi Muin usai Pertemuan Sinkronisasi PK21 ke Sistem Informasi Keluarga Provinsi Kaltim dan Kaltara di Ball Room Hotel Swiss Bell Balikpapan (24/11/2021).

 

Dia mengatakan, kegiatan pendataan keluarga 2021 yang dilaksanakan pada 1 April hingga 31 Mei 2021 lalu, cukup berat. Bagaimana tidak, kegiatan tersebut dilaksanakan ketika kasus Covid-19  sedang melonjak tinggi. Bantuan masker dari Gubernur Kaltim sangat membantu kader pendataan dalam melaksanakan tugas.

 

“Kami juga berterima kasih kepada kader di lapangan  yang bekerja luar biasa. Di tengah kondisi pandemi saat itu yang mencekam, bahkan ada kader pendataan yang terpapar Covid-19 saat bertugas,” ujar Muin.

 

Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN Rudy Budiman mengatakan, PK21  merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN sesuai amanat UU No 52 tahun 2009  dan PP Nomor 87 Tahun 2014. Kedua peraturan tersebut mewajibkan BKKBN melakukan pengumpulan data keluarga dan perkembangan keluarga berencana.

 

Saat ini, data yang sudah masuk ke BKKBN sebanyak 68,4 juta kepala keluarga di Indonesia. Data tersebut setelah diolah  dan divalidasi akan dilaunching dan  didesiminasikan pada tahun depan.

 

“Data yang terkumpul nantinya dapat dimanfaatkan pemerintah daerah, termasuk dalam upaya mengurangi keluarga dengan risiko stunting,” pungkas Rudy. (gie/sul/adv)

Berita Terkait