Eksistensi PKK Perlu Didukung Lima Pilar
SAMARINDA - Dalam mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan selama lima tahun, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke V. Rakerda ini secara resmi dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, Dr H Bere Ali, Senin (14/12) malam, bertempat di Lamin Etam kompleks Kantor Gubernur Kaltim.
Ketua TP PKK Kaltim, Dra Hj Amelia Suharni Faroek, dalam sambutannya menyebutkan bahwa Rakerda V PKK ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan selama lima tahun. Tidak hanya itu, Rakerda V PKK ini juga bertujuan untuk memantapkan pengelolaan gerakan PKK untuk masa lima tahun mendatang yang meliputi kelembagaan, rencana kerja lima tahun, dan administrasi PKK.
“Pelaksanaan Rakerda V ini bertujuan untuk membuat program PKK yang sejalan dan mendukung program kerja Kabinet Kerja Indonesia untuk mencapai keluarga sejahtera,” sebut Amelia Faroek, yang juga istri dari Gubernur Kaltim ini, ketika ditemui seusai acara Pembukaan Rakerda V PKK tersebut.
Dalam kesempatan tersebut pihaknya memaparkan bahwa gerakan PKK masih diperlukan masyarakat, sehingga tim penggerak PKK perlu ditingkatkan eksistensinya. Untuk meningkatkan ekistensi Tim Penggerak PKK, perlu ditopang dengan lima pilar yang meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), Kelembagaan, Program, Administrasi serta Pendanaan, sehingga dalam rakerda ini yang dibahas tidak lepas dari lima hal tersebut.
“Rakerda ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan kesepakatan yang akan menjadi pedoman kerja tim penggerak PKK disemua jenjang selama lima tahun kedepan,” tegasnya.
Sementara itu, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, Dr H Bere Ali, yang hadir mewakili Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak, menyebutkan bahwa selama ini PKK Kaltim telah melakukan banyak program yang mendukung pembangunan daerah. Dalam kesempatan tersebut, Bere menyampaikan apresiasinya kepada PKK Kaltim atas kontribusinya dalam membangun Kaltim dan menjadikan Indonesia negara yang kuat.
“Kita tahu bahwa anggota PKK ini semua adalah para ibu rumah tangga mulai dari pusat hingga pelaksanaan dasawisma di tingkat kelurahan. Program-program mereka luar biasa, karena itulah kami memberi apresiasi yang tinggi kepada peran PKK di Kaltim,” sebutnya.
“Saya berharap dari hasil evaluasi yang akan dilaksanakan hingga 16 Desember nanti, TP PKK dapat menyusun rencana untuk lima tahun kedepan dengan baik. Saya yakin pelaksanaannya di masyarakat akan disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan kita sangat yakin program yang disusun pasti mendukung kegiatan pembangunan di daerah,” tambah Bere.
Peserta dari Rakerda V PKK ini berjumlah 130 orang yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim, serta perwakilan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim. (aka/hmsprov)
//Foto: TINGKATKAN EKSISTENSI. Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, Dr H Bere Ali dan Ketua TP PKK Kaltim, Dra Hj Amelia Suharni Faroek (kelima dan keenam dari kanan) bersama pengurus TP PKK dan panitia Rakerda. (seno/humasprov kaltim).
21 Februari 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan
05 Februari 2013 Jam 00:00:00
Pembangunan
14 Maret 2018 Jam 20:08:47
Pembangunan
05 Desember 2013 Jam 00:00:00
Pembangunan
02 Februari 2018 Jam 19:24:04
Pembangunan
13 Mei 2018 Jam 20:30:51
Pembangunan
30 Maret 2023 Jam 10:34:43
Gubernur Kaltim
29 Maret 2023 Jam 23:06:31
Gubernur Kaltim
29 Maret 2023 Jam 23:04:05
Gubernur Kaltim
29 Maret 2023 Jam 18:54:37
Program Pemerintah
29 Maret 2023 Jam 18:51:08
Wakil Gubernur Kaltim
14 Maret 2022 Jam 15:54:00
Ibu Kota Negara
06 Januari 2014 Jam 00:00:00
Pertanian dan Ketahanan Pangan
11 September 2019 Jam 23:31:22
Pendidikan
08 April 2013 Jam 00:00:00
Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri
26 Oktober 2018 Jam 08:10:25
Produk K-UKM
27 Juni 2013 Jam 00:00:00
Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi
05 Desember 2020 Jam 19:04:59
Baznas
29 Mei 2021 Jam 23:50:14
Berita Acara
12 Februari 2016 Jam 00:00:00
Pembangunan