Kalimantan Timur
Pra Y20 Summit Tak Bebankan APBD Kaltim

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Memantapkan pelaksanaan Pra Summit atau Pra KTT III Y20 Summit direncanakan 21-22 Mei 2022 secara hybrid di Kaltim, tepatnya di Kota Balikpapan, Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menegaskan, Pemprov Kaltim siap mendukung, tapi tidak ingin membebankan APBD Provinsi.

 

“Prinsipnya, sesuai arahan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor siap menerima kedatangan para peserta Pra KTT III Y20 Summit. Hanya saja, kami tidak ingin pelaksanaan ini membebani APBD, sehingga diperlukan nanti dukungan pihak ketiga dalam menyukseskan pelaksanaan tersebut,” ucap Sri Wahyuni ketika memimpin rapat bersama Kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltim, OPD Pemkot Balikpapan, Perwakilan Kemenpora RI dengan Pelaksana Y20 Summit atau Tim Indonesian Youth Diplomacy (IYD) Pusat di Ruang Rapat Sekda, Kantor Gubernur Kaltim, Senin 18 April 2022.

 

Menurut Sri, kenapa Kaltim menyambut baik pelaksanaan ini, selain untuk memberikan motivasi generasi muda agar semangat berkarya juga Kaltim merupakan salah satu provinsi yang sukses program perdagangan karbon atau penurunan emisi gas rumah kaca. Bahkan, diperkirakan Kaltim akan menjadi provinsi pertama yang sukses dalam perdagangan karbon tersebut.

Artinya, karena isu lingkungan menjadi pokok pembahasan dalam Pra KTT III Y20 Summit nanti, maka Provinsi Kaltim sangat menyambut baik pelaksanaan tersebut.

 

 Selanjutnya, untuk menyukseskan hajatan ini, Sri mengingatkan panitia pusat bahwa Pemprov Kaltim bekerja secara gotong royong dan murni tidak menggunakan APBD.

 

“Jadi, Pemprov tidak memberikan dana, tetapi bentuk tindakan yang dikerjasamakan berbagai pihak,” tegasnya.

 

Selanjutnya, Pra Summit KTT Y20, diharapkan kaum muda juga bisa terlibat dalam pelaksanaan tersebut, karena bagian dari ajang pertemuan para pemuda untuk Indonesia Maju dan dunia yang damai.

 

Pra KTT III yang dilaksanakan 21-22 Mei 2022 secara hybrid di Kalimantan Timur dengan topik Sustainable and Livable Planet atau planet yang berkelanjutan dan layak huni. Kegiatan itu, juga dirangkai penanaman bibit pohon mangrove di Wilayah Pesisir Balikpapan.

 

Sementara, Y20 Summit diselenggarakan 17-24 Juli 2022 di Jakarta dan Bandung dengan topik From Recovery to Resilience Rebuild the Youth Agenda Beyond Covid-19.

 

Hadir mendampingi Sekda Sri, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Kaltim Deni Sutrisno, Kadispora Kaltim Agus Tianur, Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad, Kepala Dinas ESDM Kaltim Christianus Benny, Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim HM Syafranuddin, Kepala Biro Umum Hj Norhayati Usman dan Perwakilan DLH Kaltim.(jay/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait