Kalimantan Timur
Presiden akan Kemah di IKN Nusantara

Istimewa

JAKARTA-Persiapan Presiden RI Joko Widodo bersama lima Gubernur se-Kalimantan yang akan berkemah di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayah Panajam Paser Utara sudah dikerjakan

Rencana penyambutan Presiden RI Joko Widodo dan rombongan yang akan berkemah akan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 Maret 2022, disampaikan Gubernur Kaltim H Isran Noor dalam dialog dalam program Top News Metro TV yang dipandu Saskiah Arfan, Kamis sore (10/3/2022) kemarin.

Isran menjelaskan, sarana dan prasarana sudah dipersiapkan baik jaringan listrik, telekomonikasi maupun yang lainnya termasuk tenda dan perlengkapan yang akan dipakai presiden menginap.

"Alhamdulillah persiapan sudah dikerjakan dan pada hari H-nya nanti sudah 100 persen dan kemahnya sudah dapat dipergunakan presiden dan rombongan. Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo," kata Isran Noor.

Isran menjelaskan pada acara tersebut juga diundang gubernur seluruh Indonesia dan yang menarik gubernur yang hadir diwajibkan memakai pakaian adat masing-masing provinsi.

"Karena ini Ibu Kota Negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi. Namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalbar, Kalsel, Kalteng dan Kaltara," jelas Isran.

Isran juga menjelaskan, dalam acara tersebut Presiden Joko Widodo akan memberikan arahan kepada seluruh gubernur se-Indonesia sekaligus acara syukuran termasuk melakukan ritual adat istiadat untuk menyambut pembangunan IKN Nusantara.

"Selain itu juga ada ritual masing-masing gubernur membawa satu liter air yang berasal dari daerah provinsi masing-masing. Air tersebut nantinya akan dimasukkan dalam satu wadah yang sudah persiapkan panitia," tandasnya. (mar/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation