Kalimantan Timur
Rangkul Masyarakat, Dispar Siapkan SDM Pemandu Wisata

Istimewa

SAMARINDA - Sebagai salah satu ujung tombak pariwisata, pemandu wisata atau pramuwisata (tour guide) memiliki peran strategis yang sangat penting bagi dunia pariwisata. 

 

"Kita telah gelar pelatihan pemandu wisata bagi masyarakat desa," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim HM Irvan Rivai kepada Tim Publikasi Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim, Senin (20/6/2022).

 

Pelatihan pemandu wisata, diakuinya, bagian perhatian pemerintah dengan merangkul warga setempat guna memberdayakan masyarakat agar mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam menjamu wisatawan.

 

Seperti telah dilaksanakan pelatihan pemandu wisata pada Selasa (14/6/2022) di Desa Semayang Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Pelatihan selama 2 hari ini dilaksanakan Dispar diikuti 40 orang merupakan warga setempat.

 

Pelatihan ini dilanjutnya, membentuk masyarakat memiliki kemampuan komunikasi serta bekerjasama dengan rekan kerja dan wisatawan.

 

Bahkan memahami prosedur keselamatan dan kesehatan dalam berwisata. 

 

"Partisipasi dan pemberdayaan masyarakat ini berdampak pula pada ekonomi mereka," jelasnya. 

 

Irvan menambahkan kegiatan dilaksanakan Dispar Kaltim bekerjasama akademisi (Politeknik Negeri Samarinda Jurusan Pariwisata) bersama DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia Kaltim.

 

Ke depannya, masyarakat sebagai host mampu menciptakan sapta pesona sehingga mendorong tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya destinasi pariwisata yang berdaya saing.

 

Kepala Desa Semayang Robi Salam mengungkapkan peningkatan dan pembinaan SDM ini akan dimaksimalkan dengan kemampuan masyarakat Desa Semayang.

 

"Ini menjadi kepedulian, tanggung jawab sekaligus komitmen kami bersama mewujudkan Desa Wisata yang berdaya saing," ujarnya.(yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong