Kalimantan Timur
Ratusan Tahun Merawat, Hanya Perlu 5 Menit Menebang. Yuk Tanam Pohon

Foto Syaiful Anwar / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

BALIKPAPAN - Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-50 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-19 Tahun 2022 dilanjutkan dengan aksi menanam pohon. 

 

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi dan Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi menanam anggrek secara bersama-sama di Kebun Raya Balikpapan, Selasa (2/8/2022).

 

Bukan hanya menanam anggrek, Wagub Hadi Mulyadi juga menanam bibit pohon ulin dan Hj Erni Makmur menanam jahe merah. 

 

"Alhamdulillah hari ini kita bisa menanam anggrek,  ulin dan jahe merah. Kita bangga karena Balikpapan masih memiliki kebun raya yang luasnya sekitar 300 hektare," kata Wagub Hadi Mulyadi usai menanam pohon.

 

Wagub berharap agar kebun raya ini bisa terus dikelola dan dilestarikan agar bisa menjadi tempat yang nyaman bagi berjuta spesies flora dan fauna yang ada di dalamnya.

 

"Bukan hanya Balikpapan. Harapan kita semua kabupaten dan kota juga punya kebun raya," tandasnya.

 

Wagub Hadi yang menanam bersama Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan para ketua TP PKK se-Kaltim juga mendapat penjelasan tentang berbagai manfaat hutan, tanaman dan tumbuhan bagi kehidupan manusia.

 

"Ulin yang ditanam Pak Wagub ini usianya masih lima tahun. Pertumbuhannya memang lambat, sementara permintaan ulin semakin meningkat. Bila tidak kita lestarikan, ulin pasti akan punah. Sebab untuk merawatnya perlu ratusan tahun, tapi menebangnya cukup lima menit,"  kata seorang petugas di lokasi penanaman kepada Wagub Hadi dan Wali Kota Rahmad Mas'ud.

 

Setelah menanam pohon, rombongan TP PKK se-Kaltim juga sempat meninjau Taman Anggrek dan Pohon Cinta yang masih berada di sekitar areal  Kebun Raya Balikpapan. 

 

"Ini adalah bagian dari kampanye PKK untuk mengajak semua warga negara menjaga alam dan melestarikannya demi masa depan dan anak cucu kita," kata Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Hj Norbaiti: Berat Sama Dipikul
Hj Norbaiti: Berat Sama Dipikul

30 September 2020 Jam 22:03:13
PKK

PKK Gebrak Masker
PKK Gebrak Masker

15 Agustus 2020 Jam 20:42:03
PKK

Arumi : Nanti Gantian, Kami yang ke Kaltim
Arumi : Nanti Gantian, Kami yang ke Kaltim

23 November 2021 Jam 15:56:16
PKK

Hj Norbaiti: Berat Sama Dipikul
Hj Norbaiti: Berat Sama Dipikul

30 September 2020 Jam 22:03:13
PKK

Government Public Relation