Kalimantan Timur
Rehabilitasi Hutan Lindung IKN

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menanam bibit pohon di lokasi RHL IKN. (HUDAIS TP/ADPIMPROV KALTIM)

 

SEPAKU- Setelah melakukan penanaman bibit pohon di Sumbu Kebangsaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik melanjutkan penanaman di lokasi Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) Ibu Kota Nusantara (IKN) Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (20/12/2023).

Pj Gubernur Akmal Malik menjelaskan menjelaskan penanaman diikuti peserta di lokasi RHL kurang lebih 500 orang. Bibit pohon yang ditanam oleh Presiden Jokowi adalah jenis damar (Agathis boornensis warb) yang merupakan jenis endemik Kalimantan dengan spesifikasi tinggi sekitar 3 meter.

"Ini sebagai wujud komitmen Presiden Jokowi untuk pengembangan lingkungan IKN. Yaitu, mewujudkan pembangunan IKN dengan konsep forest city," ucap Akmal Malik. 

Akmal mengatakan, dengan komitmen Presiden Jokowi, maka Pemprov Kaltim bersama seluruh pemangku kepentingan  turut serta mendukung pembangunan IKN. 

Karena itu, ia mengimbau kepada seluruh rakyat Kaltim untuk melakukan kegiatan yang lebih besar lagi guna mendukung pembangunan IKN ramah lingkungan. 

"Dukungan ini penting, karena Presiden Jokowi ingin menghadirkan konsep kota hutan yang cerdas," pesannya. 

Sebelumnya Presiden Jokowi menjelaskan penghijauan yang saat ini dilakukan berrtujuan agar hutan tropis dapat mendukung lingkungan yang semakin baik.  Penghijauan ini dipastikan  berdampak pada lingkungan hidup yang baik, bahkan hingga di luar kawasan IKN. 

Diketahui lokasi RHL seluas 1.814 hektare. Penanaman ini merupakan tahap II dengan jenis pohon endemik dan natif lokal Kalimantan.

Pada tahun 2024 direncanakan kegiatan RHL seluas 500 hektare dengan jumlah bibit total 312.500 batang. Jenis tanaman RHL merupakan fast growing dan endemik Kalimantan. (jay/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
iKaltim Dapat Diakses 38 Negara

12 Oktober 2016 Jam 00:00:00
Perpustakaan

Jangan Alergi Ombudsman

19 Oktober 2019 Jam 10:06:20
Kerjasama Pemerintahan

Lebih Bergairah

29 Desember 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Farid: Hidup Jangan Melampaui Batas

27 Februari 2013 Jam 00:00:00
Agama

Government Public Relation