Kalimantan Timur
Riza Indra Riadi Diusulkan Jadi Penjabat Sekda

HM Sabani (Arief Murtadha / Biro Adpim Setda Prov Kaltim)

Mengantisipasi kemungkinan proses pembahasan dalam Tim Penilai Akhir (TPA) belum selesai hingga akhir Januari 2022, Gubernur Isran Noor mengajukan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim untuk menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim. Usulan ini diajukan, karena Sekda Provinsi Kaltim HM Sa’bani akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2022 mendatang.  

“Jangan khawatir, kalau sampai 1 Februari nanti belum ada Sekda yang definitif, kita sudah siapkan Penjabat Sekdanya. Penjabat Sekda yang kita usulkan adalah Bapak Ir Riza Indra Riadi,” ungkap Sa’bani pada saat memberi arahan pada acara Penyerahan Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Terbaik di Pendopo Odah Etam, Kamis (20/1/2022). 

Sa’bani menambahkan, dirinya sudah berkomunikasi dengan Sekjen Kementerian Dalam Negeri dan melaporkannya kepada Gubernur Isran Noor. Surat usulan sudah pula dilayangkan ke Jakarta. 

“Mudah-mudahan kelanjutan kewenangan Sekda itu tidak terhenti. Untuk Sekda definitif nanti kita tunggu saja, karena kita tidak tahu, prosesnya berapa bulan, berapa hari atau berapa minggu. Tergantung waktu Pak Presiden untuk rapat TPA. Biasanya memakan waktu, bisa juga cepat,” jelas Sa’bani.

Kepada para pejabat dan seluruh pegawai, Sa’bani mengajak semua bersabar menunggu keputusan akhir dari Presiden Joko Widodo untuk menetapkan satu nama terbaik, dari tiga nama yang sudah disampaikan Gubernur Isran Noor kepada Presiden, melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin (17/1/2022). 

Tiga nama calon Sekda Provinsi Kaltim yang diusulkan adalah Sri Wahyuni (Kepala Dinas Pariwisata Kaltim), Diddy Rusdiansyah (Kepala BKD Kaltim dan Ismiati (Kepala Bapenda Kaltim).

Sa’bani menyebutkan Riza Indra Riadi dipilih untuk diusulkan karena merupakan salah satu pejabat senior di lingkup Pemprov Kaltim. Sementara Asisten Administrasi Umum Fathul Halim dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abu Helmi juga akan memasuki masa pensiun beberapa bulan ke depan. Sejumlah pejabat Kaltim lainnya juga akan memasuki masa pensiun tahun ini.  

“Kita tunggu saja siapa nanti pengganti saya. Kita sudah ajukan tiga nama yang disampaikan Pak Gubernur ke Presiden melalui Mendagri, nanti tinggal pembahasan di TPA. Sampai nanti diputuskan satu terbaik,” tandasnya.

Salah satu tugas Sekda atau Pj Sekda nantinya adalah menyiapkan pengisian untuk posisi sejumlah pejabat eselon II yang kosong karena pensiun. (sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation