Kalimantan Timur
Rusmadi: Fokus Nilai Tambah dan Konektivitas

Hari ini Musrenbang RKPD Kaltim 2015

 

SAMARINDA – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang akan berlangsung hari ini, untuk program pembangunan 20l6, lebih difokuskan pada peningkatan nilai tambah dan konektivitas intra maupun antarwilayah.

Menurut Plt Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi, Musrenbang tahun ini menyusun sekaligus membahas program pembangunan 2016, sehingga anggaran daerah akan lebih diarahkan pengembangan sektor ekonomi unggulan dan pembangunan infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur ini lanjut Rusmadi, sebagai upaya untuk mendukung konektiftas jalur transportasi intra maupun antardaerah yang saat ini sudah banyak dibangun pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah pusat dan peran serta pihak swasta.

“Pembangunan dan pengembangan infrastruktur daerah sangat penting dan memiliki nilai strategis untuk mendukung percepatan kemajuan daerah, khususnya konektifitas kawasan-kawasan serta sentra-sentra ekonomi antarwilayah,” kata Rusmadi, Selasa (31/3).

Musrenbang yang dilaksanakan tingkat provinsi ini ujarnya, sebelumnya telah dilakukan masing-masing daerah baik kabupaten maupun kota yang diawali dari jenjang paling bawah utamanya tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten dan kota secara bertahap.

Musrenbang provinsi ini merupakan muara dari program pembangunan daerah yang mengakomodir kebutuhan masyarakat daerah untuk disampaikan ditingkat pusat atau Musrenbangnas tahun ini untuk RKPD 2016.

Khususnya terhadap program prioritas pembangunan dan pengembangan infrastruktur daerah terkait konektivitas tentunya pembangunan jalur transportasi yang saat ini telah dilakukan pembangunan juga yang akan dilaksanakan pembangunnya.

Misalnya pembangunan infrastruktur untuk mendukung  jalur transportasi, berupa  jalan, jembatan dan pelabuhan serta pengembangan kawasan dan sentra ekonomi yang tersebar di masing-masing daerah di Kaltim termasuk pembangunan rel kereta api.

Rusmadi menyebutkan beberapa proyek infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah daerah pembangunnya telah mendapat dukungan pemerintah pusat melalui anggaran APBN walaupun nilainya masih kecil dan perlu ada penambahan dukungan alokasi dana.

Karenanya, kehadiran Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Adrinof A Chaniago sangat penting guna mendengan dan mengetahui secara langsung rencana pembangunan yang diprioritaskan Pemprov Kaltim hasil musrenbang kabupaten dan kota.

Selain itu, dalam Musrenbang RKPD tahun ini Menteri PPN akan menyampaikan rencana program pembangunan nasional terkait isu-isu strategis nasional, sehingga program pembangunan daerah harus bersinergi dan terkoneksi dengan pembangunan nasional.

“Dalam Musrenbang ini akan dipaparkan hasil musrenbang kabupaten dan kota guna menyamakan visi dan misi pembangunan Kaltim untuk disenirgikan dan diharmonisasikan dengan program pembangunan nasional 2016,” jelas Rusmadi.

Sebelum dilaksanakan Musrenbang terlebih dulu dilakukan soft opening Gedung Convention Hall Samarinda. Selanjutnya, dalam kegiatan Musrenbang RKPD 2015 akan diagendakan penandatanganan kesepakatan Gerakan Penyelamatan Sumber Daya Alam Nasional antara Gubernur, DPRD dan Bupti/Walikota se-Kaltim.

Selain itu, dilaksanakan penganugerahan penyusunan dokumen terbaik rencana pembangunan daerah kabupaten/kota se-Kaltim tahun 2015 yang diserahkan Gubernur Awang Faroek Ishak kepada Kota Bontang, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kaltim akan menyampaikan materi tentang meningkatkan nilai tambah nilai ekonomi produk unggulan daerah dan pemantapan konektivitas intra dan antar wilayah.

Sementara Menteri PPN (Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional/Bappenas)  Adrinof A Chaniago menyampaikan rancangan rencana kerja pembangunan (RKP) tahun 2016.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan materi tentang penyusunan angaran dan pengendalian pembangunan di daerah. Kementerian Keuangan menyampaikan rancangan kebijakan dana perimbangan dekonsentrasi dan tugas pembantuan yang akan dialokasikan ke Kaltim.(yans/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Plt. Sekprov Kaltim H Rusmadi dan Asisten II Setprov Kaltim HM Sa’abani saat meninjau persiapan Musrembang RKPD Kaltim 2015.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation