Kalimantan Timur
Sa’bani: Implementasikan Nilai Pancasila


SAMARINDA - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim HM Sa'bani mengikuti Program siar virtual TVRI Kaltim dalam acara Dialog Publik bertema Kesaktian Pancasila, Kekuatan Bangsa Menghadapi Pandemi, Kamis (1/10).

 

 

 

Host acara Said Husein menghadirkan Akademisi Universitas Mulawarman Samarinda Dr Darma Sudarman dan aktivis muda Hanna Pertiwi.

Menurut Sa'bani, kalau masyarakat dan semua pihak ingin implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kondisi saat ini, dimana pemerintah dan para ahli menganjurkan taat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

 


"Masyarakat kita imbau mentaati dan mematuhi protokol kesehatan di masa pendemi Corona saat ini, itu bagian implementasi nilai-nilai Pancasila," kata Sa'bani.

 

 

Selain itu, bagaimana masyarakat bisa memelihara diri dan menjaga situasi saat berinteraksi yang dibatasi. Bagi Sa'bani itu bagian-bagian yang sederhana dan simpel tapi kadang-kadang sulit untuk dilaksanakan bahkan cenderung dilanggar.

 

 

"Dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila di tengah pandemi ini, kita perlu meningkatkan kesadaran diri hidup bermasyarakat. Saling melindungi dan peduli agar virus corona tidak semakin menyebar dan menulari," harapnya.

 

 

Terkait kebijakan Pemprov Kaltim dibawah kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, tegas Sa'bani menyampaikan program pembangunan dan penganggaran tercermin dalam visi misi RPJMD 2019-2023 berslogan Berani untuk Kaltim Berdaulat.

 

 

Misalnya, di sektor pendidikan dialokasikan anggaran untuk beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Kaltim. Juga, meningkatkan penghasilan para guru honor dan ASN maupun swasta tanggungjawab Pemprov. Termasuk bidang kesehatan dan infrastruktur serta sektor-sektor pembangunan lainnya.

"Pada dasarnya implementasi nilai-nilai Pancasila tergambar dalam anggaran, namun tetap proporsional agar melingkupi seluruh bidang dan Kaltim bergerak maju lebih baik," ungkap Sa'bani. (yans/ri/adv)

Berita Terkait