Kalimantan Timur
Siap Latih 1.000 Digital Content Creator Kaltim

Istimewa

SAMARINDA - Menyambut gagasan yang dipaparkan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI asal Kaltim, Dr Hetifah Sjaifudian, 

Wakil Dekan Fakultas Seni Rupa dan Design Institut Teknologi Bandung Dr Intan Rizky Mutiaz pun menyetujui akan melakukan pelatihan 1.000 digital content creator di Kalimantan Timur.

"Saya punya rencana untuk mengadakan pelatihan 1.000 digital content creator pada Agustus atau September," ungkap Intan Rizky Mutiaz saat Bimtek Optimalisasi Konten Digital untuk Pengembangan Industri Parekraf Kaltim dalam menyambut IKN di Hotel Harris Samarinda, pekan lalu.

Intan mengakui Kaltim masih mempunyai banyak hal yang belum dieksplorasi secara maksimal melalui content creator. 

Padahal, dirinya melihat masih banyak peluang untuk menjadi digital content creator melalui content pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya rasa, konten digital yang berdurasi pendek masih kurang di Kaltim. Padahal content dapat menjangkau lebih banyak audien karena memiliki durasi yang pendek," ungkapnya.

Dalam membuat konten, Intan menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh content creator. 

"Membuat content digital itu ada beberapa hal yang harus ditentukan. Yakni, mulai dari target konsumen, waktu dan sumber daya," jelasnya.

Dan lagi, tambahnya, membuat content digital tidak wajib menggunakan kamera. 

"Maksimalkan penggunaan smartphone untuk membuat konten. Penggunaan smartphone menghadirkan pengalaman praktis" ujarnya.

Intan menambahkan jika sekarang banyak aplikasi yang menawarkan template untuk pembuatan content digital, sehingga content creator dapat menggunakannya untuk kebutuhan sosial media.

"Sekarang banyak aplikasi yang menyediakan template-template khusus untuk kebutuhan update sosial media. Mencari inspirasi untuk content juga sekarang dapat melalui aplikasi," pungkas Intan mengakhiri materinya mengenai pemanfaatan design visual untuk mempromosikan pariwisata dan mengembangkan ekonomi kreatif melalui konten digital.(yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait