Kalimantan Timur
Tarian Sanduk, Hujan dan Redsoga

BATU - Hujan lebat mengguyur Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu saat kunjungan TP PKK Kaltim, sore kemarin.

 

Meski begitu, antusias masyarakat Temas tak surut menyambut rombongan TP PKK Kaltim yang dipimpin langsung ketuanya Hj Norbaiti Isran Noor didampingi Wakil Ketua I Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi.

 

"Kami sangat bahagia mendapat kunjungan dari TP PKK Kaltim. Makanya, biar hujan begini masyarakat tetap antusias dan senang sekali," kata Lurah Temas Adi Santoso saat mendampingi kunjungan TP PKK Kaltim ke Kampung Ekologi dan Galeri Batik di Kelurahan Temas, Selasa (23/11/2021).

 

Di tengah guyuran hujan yang lumayan lebat, dua istri duet pemimpin Kaltim itu pun tak mundur meski hujan masih mengguyur.

 

"Mereka sudah menyambut kita dengan senang hati, maka kita tidak boleh mundur. Kita harus tetap maju. Tidak boleh mundur," kata Norbaiti.

 

Benar saja, saat turun dari kendaraan, hujan masih belum reda. Puluhan ibu Kampung Ekologi Temas bahkan sudah berhujan-hujan lebih dulu. 

 

Saat rombongan mendekat, mereka pun menyambut tamu dengan tarian Sanduk, khas mereka. 

 

Seluruh rombongan TP PKK Kaltim pun ikut menari Sanduk sepanjang jalan penjemputan, sekira 100 meter dari lokasi acara. Hj Norbaiti dan Hj Erni Makmur pun ikut bergembira bermasyarakat Temas meski harus rela berhujan-hujan.

 

Di kampung ini, peserta kunjungan mendapat penjelasan tentang cara membatik ecoprint memanfaatkan sumber daya lokal, yakni batik cetak dedaunan atau Redsoga ecoprint.

 

Para peserta kunjungan TP PKK Kaltim pun membeli beberapa lembar kain batik Redsoga ecoprint untuk oleh-oleh.

 

"Sebelumnya kita tidak pernah bertemu. Tapi di sini saya merasa seperti sudah satu keluarga," ucap Norbaiti yang tidak lupa juga memberikan saweran kepada para penari yang umumnya adalah ibu-ibu setempat.

 

Ikut berhujan-hujan dalam kunjungan ini, Ketua TP PKK Batu Hj Wibi Asri Punjul Santoso dan Kepala DPMPD Provinsi Kaltim H Syirajuddin. Saat pulang, rombongan kembali diantar dengan tarian Sanduk.(sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Penilaian ke Berau
Penilaian ke Berau

24 November 2020 Jam 20:50:18
PKK

PKK Sosialisasi 3M di Kutim
PKK Sosialisasi 3M di Kutim

20 Oktober 2020 Jam 22:04:23
PKK

Hj Norbaiti: Berat Sama Dipikul
Hj Norbaiti: Berat Sama Dipikul

30 September 2020 Jam 22:03:13
PKK

Government Public Relation