Kalimantan Timur
Tim Penilai PPD 2022 Tetapkan Nominator, 3 Kabupaten dan 3 Kota Diusulkan Ke Bappenas

Istimewa

SAMARINDA -Tahap pelaksanaan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota Tahun 2022 memasuki babak baru. Setelah tahap pengumpulan dokumen kabupaten/kota yang dilaksanakan mulai 31 Januari - 6 Februari 2022, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi dan penilaian oleh Tim Penilai PPD 2022 (baik Tim Independen maupun Tim Teknis dari Perangkat Daerah Provinsi dan Bappeda Kaltim) atas dokumen yang telah disampaikan, tahap pelaksanaan PPD 2022 memasuki tahap penetapan nominasi.

Proses penetapan nominasi PPD Kab/Kota Tahun 2022 yang dihadiri oleh Tim Penilai PPD 2022 yang terdiri atas Tim Penilai Independen (TP), Tim Penilai Utama (TPU) dan Tim Penilai Teknis (TPT) dilaksanakan di Ruang Rapat Propeda Bappeda Kaltim, Jum'at (11/02/22). 

“Mengacu pada Hasil Penilaian Dokumen RKPD Kab/Kota serta Dokumen yang diajukan dalam penilaian (RPJMD, RKPD, dan Inovasi), Ketua Tim Penilai Independen, Prof Dr Eny Rochaida bersama dengan seluruh Tim Penilai menyepakati penetapan Nominasi PPD Tahun 2022 terbagi dalam kategori 3 kabupaten dan 3 kota.

Berdasarkan hasil penilaian tersebut, 3 kabupaten yang menjadi nominator adalah Berau, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. Sedangkan untuk nominator kota adalah Balikpapan, Bontang dan Samarinda.

"Sesuai agenda yang telah ditetapkan, kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi tersebut akan melanjutkan penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah pada tahap selanjutnya (verifikasi dan wawancara) pada waktu dan tempat yang akan diinformasikan kemudian,” jelas Kepala Sub Bidang Pemerintahan Bappeda Kaltim, Perdana Jati Leksono. 

Sebagai informasi, PPD dahulu bernama Anugerah Pangripta Nusantara (2011-2017) dan berubah nama sejak 2018, merupakan apresiasi dari pemerintah pusat dalam hal ini Bappenas RI kepada provinsi dan kabupaten/kota atas prestasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah. Untuk 2022, proses penilaian PPD berlangsung Januari-April. Para pemenang PPD, yakni tiga provinsi, tiga kabupaten dan tiga kota, akan menerima penghargaan yang diagendakan diserahkan Presiden Joko Widodo dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022. (her/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation