Kalimantan Timur
Tinjau Logistik Pemilu di Kutim, Pj Gubernur Berharap Partisipasi Pemilih di Atas 79,5 Persen


 

SANGATTA - Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik kembali melakukan peninjauan kesiapan logistik Pemilu 2024. Peninjauan Rabu (31/1/2024) dilakukan di gudang logistik KPU Kutai Timur (Kutim) di Graha Expo Sangatta.

 

"Saya sudah meninjau beberapa daerah. Saya lihat Kutai Timur paling siap. Memang Pak Bupatinya hebat," puji Akmal saat melakukan peninjauan.

 

"Memang kalau diurusin ibu-ibu, kerjaan lebih teliti," lanjut Akmal Malik. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutim Ulfa Jamiatul Farida pun tampak tersenyum.

 

Pj Gubernur Akmal Malik kemudian mengajak semua pihak membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dan meningkatkan partisipasi pemilih.

 

Akmal menegaskan sukses pemilu bukan hanya kewajiban KPU, tapi semua komponen bangsa ini.

 

"Tentu sukses pemilu bukan hanya tugas KPU. Tapi tugas kita semua. Mari kita  bantu dan mudahkan masyarakat untuk datang memilih," tegas Akmal.

 

"Mudahan partisipasi kita bisa lebih dari 79,5 persen," seru Akmal.

 

Dia juga minta agar Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman terus memberi dukungan kepada KPU Kutim.

 

"Pak Bupati support selalu ya Pak," pesan Akmal.

 

Pj Gubernur Akmal Malik berterima kasih atas dukungan semua jajaran Forkopimda Kutim yang telah membantu proses pemilu di daerah ini. Secara umum logistik pemilu sudah terdistribusi dengan baik dan secara jumlah juga sudah cukup.

 

Pj Gubernur Akmal Malik juga sempat bertanya tentang kendala yang dihadapi KPU Kutim dalam proses pemilu tahun ini. Ia juga sempat bertanya tentang daerah sangat rawan pemilu.

 

"Dua daerah yang sangat rawan yaitu Desa Sandaran dan Desa Mangkalihat Pak Gubernur. Tapi alhamdulilah, semua logistik sudah terdistribusi dengan baik," jelas Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida. Dua daerah itu berbatasan dengan Kabupaten Berau.

 

Untuk pemilu tahun ini, di Kabupaten Kutai Timur terdapat  299.914 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).  Terdapat 

1.185 TPS di 141 desa/kelurahan di

18 kecamatan. Dari jumlah itu juga terdapat 5 TPS khusus.

 

"Terdapat 1,5 persen suara rusak, tapi sudah dilengkapi kembali oleh perusahaan penyedia," ungkap Ulfa.

 

Saat ini penjagaan logistik di Graha Expo Sangatta dilakukan dalam 24 jam bekerjasama dengan Polres Kutim.

 

Bupati Ardiansyah Sulaiman berterima kasih atas kunjungan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik ke Kutai Timur. Dia sangat berharap angka partisipasi pemilih akan meningkat di Kutai Timur.

 

"Seperti pesan Pak Pj Gubernur, kita akan terus mendukung kerja keras KPU Kutim. Mudah-mudahan partisipasi pemilih meningkat. Kita juga minta dukungan teman-teman wartawan ya untuk sosialisasi," tutup Ardiansyah Sulaiman.

 

Saat peninjauan juga dihadiri Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Adi Swastika,

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi 

Iskandar dan Kajari Kutim Robin Ramlan. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation