* Jembatan Pulau Balang
BALIKPAPAN – Jembatan Pulau Balang bukan hanya akan menjadi penyatu dua daerah yakni Kota Balikapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU, sekaligus menjadi titik penting terwujudnya konektifitas Trans Kalimantan. Proyek ini pun menjadi bagian Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor III Kalimantan.
“Kita bersyukur pembangunan Jembatan Pulau Balang menjadi kenyataan. Menurut Presiden Susilo BambangYudhoyono, jembatan ini sama dengan Jembatan Tayang yang menyatukan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Karenanya, jangan berpikir untuk membangun jembatan lain antara Balikpapan dengan Penajam Paser Utara. Kita fokus selesaikan ini dulu,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat groundbreaking bentang panjang Jembatan Pulau Balang di Balikpapan, pekan lalu.
Jembatan Pulau Balang digadang-gadang akan menjadi salah satu urat nadi perekonomian daerah bahkan Kalimantan. Karena, konektifitas dan aksebilitas Trans Kalimantan lintas selatan akan membantu memudahkan dan mempercepat jarak tempuh.
Perencanaan yang disepakati secara nasional telah memasukkan Kaltim ke dalam Koridor Ekonomi Nasional III (Koridor Kalimantan) sesuai dengan semangat Forum Kerjasama Percepatan Pembangunan Wilayah Kalimantan untuk mewujudkan satu kesatuan yang terkoneksi secara infrastruktur jalan maupun dalam ekonomi sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.
Kaltim akan terus membangun dan mengembangkan infrastruktur untuk jalur laut dan udara serta darat termasuk kereta api. Sesuai masterplan pembangunan daerah maka jalan dan jembatan akan terus dibangun dengan pola intermoda yang terkoneksi antar daerah.
Jalan Trans Kalimantan menyambung ke poros selatan dan poros tengah sesuai kesepakatan dengan bupati/walikota (termasuk Provinsi Kalimantan Utara) agar semua daerah terhubung dengan konektifitas jalur utama, sehingga tidak ada daerah, kecamatan bahkan desa yang terisolir.
Selain itu membuat jaringan-jaringan jalan yang diprioritaskan untuk menghubungkan sentra-sentra antar kluster industri. Misalnya, kluster industri Kawasan Industri Kariangau dengan pusat pertumbuhan ekonomi (pertambangan dan jasa) Samarinda.
Kemudian terkoneksi dengan Kota Bontang yang merupakan kluster industri yang berbasiskan gas dan kondensat. Di sana ada Pupuk Kaltim dan PT Badak. LNG dan methanol serta melamine termasuk ammonium nitrat menjadi bagian penting kota ini.
Menuju ke utara terdapat kluster industri berbasis pertanian dan oleochemical di Maloy Kabupaten Kutai Timur yang berkolaborasi dengan sektor pertambangan batubara yang akan menjadi kawasan ekonomi khusus, hasil kerjasama pemerintah dengan swasta.
Di kawasan tersebut akan dibangun pelabuhan internasional yang merupakan outlet dari perkebunan sawit Kaltim yang sudah mencapai sejuta hektar dan ke utaranya lagi Kabupaten Berau untuk pengembangan kluster industri pariwisata.
Berlanjut ke Kabupaten Bulungan terdapat kawasan pengembangan pertanian tanaman pangan atau kawasan food and rice estate yang saat ini sudah terbangun 50.000 hektar dari kebutuhan seluas 200.000 hektar.
Selanjutnya di kawasan utara Kaltim (Kaltara sekarang) terdapat kawasan strategis nasional di perbatasan. Diantaranya, Pulau Sebatik akan dikembangkan dan tingkatkan statusnya menjadi Kota Sebatik sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru.
“Yakinlah, jika konektifitas jalan terbangun baik antardaerah, maka pertumbuhan ekonomi Kaltim ini tidak hanya berlari cepat tetapi akan berlari sangat cepat. Kaltim akan menjadi daerah yang berdaya saing tinggi bahkan salah satu provinsi yang mampu menyaingi pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa,” tegas Awang Faroek.
Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kaltim Taufik Fauzi mengemukakan pembangunan jembatan dengan dua bentang jembatan yakni bentang pendek sepanjang 470 meter senilai Rp425 miliar dan bentang panjang sepanjang 804 meter senilai Rp1,6 triliun adalah proyek tahun jamak (multi years contract).
Sedangkan pembiayaan yang digunakan untuk pembangunan jembatan bentang pendek konstruksi baja lengkung dilakukan sejak 2007 melalui anggaran APBD provinsi dan bentang panjang konstruksi cable stay telah dianggarkan pemerintah pusat melalui APBN.
“Pembangunan bentang pendek dari APBD provinsi atau realisasi hingga tahun ini sebesar Rp325,9 miliar atau masih dibutuhkan Rp83 miliar dan semoga 2014 dapat dianggarkan. Sementara bentang panjang dari APBN dan tahun ini dikucurkan Rp100 miliar,” ujar Taufik Fauzi. (yans/hmsprov)
Foto: Jembatan Pulau Balang dalam tahap pembangunan. (rosehan/humasprov kaltim).
03 April 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan
23 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan
22 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan
09 Mei 2018 Jam 22:31:41
Pembangunan
30 September 2021 Jam 19:59:28
Pembangunan
27 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan
27 September 2023 Jam 16:41:53
Gubernur Kaltim
27 September 2023 Jam 16:38:35
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur
27 September 2023 Jam 16:34:52
Gubernur Kaltim
27 September 2023 Jam 16:29:55
Gubernur Kaltim
27 September 2023 Jam 16:26:49
Gubernur Kaltim
06 Januari 2014 Jam 00:00:00
Pertanian dan Ketahanan Pangan
14 Maret 2022 Jam 15:54:00
Ibu Kota Negara
08 April 2013 Jam 00:00:00
Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri
11 September 2019 Jam 23:31:22
Pendidikan
05 Mei 2022 Jam 18:19:59
Ibu Kota Negara
16 Februari 2013 Jam 00:00:00
Pembangunan
18 April 2016 Jam 00:00:00
Pendidikan
22 April 2018 Jam 09:37:33
Kolom Minggu
27 Februari 2013 Jam 00:00:00
Ekonomi dan Pendapatan Daerah
15 November 2020 Jam 19:57:08
Berita Acara