Kalimantan Timur
Tutup Kesbangpol Fest 2023. Sekda Sri : Bukti Perbedaan Untuk Harmoni dan Kebersamaan

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SAMARINDA - Secara resmi Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menutup Kesbangpol Festival 2023 di Arena Gelora Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Minggu, 10 Desember 2023.

 

Gelaran yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kaltim ditutup  dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba Kesbangpol Fest 2023. 

 

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kaltim, Sekda Sri Wahyuni menyampaikan apresiasi kepada Badan Kesbangpol Kaltim yang telah menggelar Kesbangpol Fest 2023.

 

"Selamat dan terima kasih Kesbangpol Kaltim yang telah sukses menghadirkan untuk pertama kalinya Kesbangpol Fest 2023," katanya.

 

Perhelatan Kesbangpol Fest diakui Sekda, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim dengan nuansa yang berbeda, terlebih dalam menyongsong Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

"Tentu kita ingin Kaltim bersiap diri untuk menjadi mitra strategis IKN," tegasnya.

 

Salah satu kesiapan itu menurut Sekda, bagaimana Benua Etam yang terdiri multietnis dan multiagama, namun keberagaman itu mampu dirajut dalam sebuah kehidupan yang harmoni.

 

"Hari ini kita merayakan keberagaman, Kesbangpol membuktikan banyak perbedaan serta afiliasi dalam organisasi dan institusi tidak membuat kita bermusuhan," ungkapnya.

 

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim ini pun meyakinkan kehadiran ormas, NGO (LSM) dan lembaga institusi semata-mata untuk mewadahi keberagaman.

 

"Ini tanggung jawab siapa? Tentu kita bersama. Harus kita pelihara, harus kita pertahankan kondisi ini," pungkasnya.

 

Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Sufian Agus menjelaskan Kesbangpol Fest 2023 selama satu hari dengan tema Wujud Nyata Eksistensi Ormas, Mewujudkan Kaltim Harmoni, serta Bersatu dalam Keragaman, Harmoni Dalam Perbedaan.

 

Kegiatan ini merupakan program kerja Badan Kesbangpol Provinsi Kaltim yang pertama diselenggarakan sebagai pionir dalam perhelatan akbar yang bertujuan mengenalkan secara publik terhadap produk layanan ormas kepada masyarakat di berbagai bidang.

 

"Momentum ini juga untuk mengurangi  adanya anggapan sebagian masyarakat yang menilai minus terhadap ormas dan lembaga swadaya masyarakat (LSM)," ujarnya.

 

Kesbangpol Fest 2023 dirangkai dengan Gelar Kebangsaan dan Ormas Expo 2023, berupa penampilan kreasi budaya dari masing-masing perwakilan Ormas, talk show, lomba-lomba, serta puncak acara hiburan dimeriahkan penampilan penyanyi solo Sal Priadi.

 

"Pameran diikuti sebanyak 40 stan, terdiri 19 stan ormas, 15 stan pegiat UMKM serta 6 stan gabungan dari unsur pemerintah daerah dan instansi vertikal," sebutnya.(yans/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation