Kalimantan Timur
Tutup OIC-CA, Sekda Sri : Anda Akan Kembali ke Kaltim

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor diwakili Sekda  Sri Wahyuni resmi melakukan closing ceremony atau penutupan kegiatan event internasional Organization of Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) 2023 atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Se-Dunia di Balikpapan Islamic Center Madinatul Iman, Rabu (12/7/2023) malam. 

 

Bagi Sekda Sri, menjadi kebanggaan Kaltim sebagai tuan rumah pertemuan pertama di Indonesia dalam event internasional tersebut.

 

Apalagi, tentu ini sebagai sejarah besar bagi umat muslim di dunia. Begitu juga di Indonesia, Kalimantan khususnya Kaltim. 

 

"Alhamdulillah, sebagai bagian sejarah peradaban masuknya Agama Islam di Indonesia, Kalimantan khususnya Kaltim. Sekarang menjadi Ibu Kota Nusantara atau IKN. Tentu besar harapan seluruh peserta dapat kembali ke Indonesia terutama Kaltim," ucap Sri Wahyuni. 

Kenapa demikian, Sri menjelaskan, dengan ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara diharapkan seluruh peserta OIC-CA dapat datang kembali ke Samarinda  di tahun-tahun selanjutnya. 

 

Karena, Kalimantan khususnya Kaltim memiliki berbagai potensi. Mulai sumber energi, potensi pariwisata bahkan kultur budaya dan harmonisasi antara agama di Kalimantan Timur sangat baik tanpa ada konflik yang terjadi hingga saat ini. 

 

"Anda sudah minum air Sungai Mahakam, maka kami yakin anda semua akan datang kembali ke Indonesia khususnya Kaltim. Itu adalah kepercayaan kami," ucap Sekda Sri Wahyuni disambut tepuk tangan peserta dan undangan. 

 

Pemprov mengucapkan terima kasih kepada  berbagai pihak yang terlibat dalam event internasional ini. Tak terkecuali para delegasi maupun LO yang mendampingi seluruh delegasi atau kedutaan yang datang ke Kaltim. 

Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Esa Sukmawijaya mengaku sangat bersyukur. Karena, diketahui kurang lebih 12 MoU terlaksana selama OIC-CA berlangsung di Kaltim. Melalui kerja sama antarkampus di berbagai Negara Islam di Dunia. Mulai, Unmul, Uniba, UINSI, UMKT dan Pondok Pesantren Hidayatullah. 

"Semoga kerja sama dapat terjalin harmonis hingga seterusnya," jelasnya. 

 

Hadir Perwakilan OIC Director of Culture from Organizatio of Islamic Cooperation Dr Alhoucine Razhoui dan berbagai utusan negara maupun delegasi OKI se-dunia. (jay/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation