Kalimantan Timur
UMKM Jangan Sampai Stunting Karena Pandemi

Dok.biroadpimkaltim

Sukses Kaltim meraih KPPU Award Predikat Pratama Kategori Kemitraan menjadi bukti kuat komitmen Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi dalam pembinaan UMKM. 

 

"Dalam setiap pembinaan UMKM dan capacity building, kita selalu melibatkan instansi terkait, termasuk Bank Indonesia dan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor di Pullman Hotel Jakarta, Selasa (14/12/2021).

 

Bukan hanya membangun kemitraan antara pelaku UMKM dan perusahaan besar seperti PKT dan BUMD seperti Bankaltimtara, nilai plus bagi Kaltim lainnya adalah payung hukum yang sudah dimiliki Kaltim.

 

"Dukungan kebijakan kita sudah sangat jelas antara eksekutif dan legislatif. 

Kita sudah memiliki Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang pemberdayaan koperasi, usaha mikro kecil dan menengah. Payung hukumnya kuat dalam rangka pembinaan UMKM," beber Roby sapaan akrabnya.

 

Kemitraan terus dijalin hingga pemerintah terus mendorong UMKM Kaltim terus naik kelas dan bisa menembus pasar ekspor.

 

Di tempat yang sama, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berpesan agar UMKM tidak menjadi stunting (gagal tumbuh) akibat pandemi Covid-19.

 

"Mestinya jangan sampai UMKM kita terkena  stunting," ucap Wapres Ma'ruf Amin saat memberi arahan usai penganugerahan KPPU Award di Hotel Pullman Jakarta.

 

Mencegah UMKM menjadi stunting bisa dilakukan dengan cepat melakukan alih keterampilan,  teknologi, produksi,  pengolahan,  permodalan,  pemasaran dan peningkatan SDM.

 

"Perlu terus dikawal agar makin banyak UMKM kita yang naik kelas," tandas Ma'ruf Amin.

 

Harus diakui lanjut Ma'ruf Amin, saat ini telah terjadi ketimpangan yang luar biasa akibat persaingan usaha kurang sehat terjadi dalam waktu bertahun-tahun lamanya.

 

"Baru 9 persen UMKM yang sudah membangun kemitraan. Jadi perlu upaya lebih keras agar target kemitraan UMKM bisa tembus 30 hingga 40 persen," tegas Ma'ruf Amin.

 

KPPU Award untuk Kaltim diterima langsung oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor.  (sul)

Berita Terkait
Awang: Penilaiannya Objektif
Awang: Penilaiannya Objektif

12 Januari 2013 Jam 00:00:00
Prestasi

Government Public Relation