Kalimantan Timur
Vespa Dinas Pak Fathul

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

Mantan Sekda Provinsi Kaltim HM Sa’bani diam-diam ternyata punya kenangan tak terlupakan bersama mantan Asisten Administrasi Umum H Fathul Halim. Kenangan itu baru dia ungkap dua hari setelah dirinya tidak lagi menjadi pejabat Pemprov Kaltim.

“Saya ini banyak sejarah dengan Pak Fathul. Kami pernah tugas bersama di Balikpapan. Waktu pertama itu saya tidak punya kendaraan, saya dipinjami vespa dinas oleh Pak Fathul. Saya tidak akan pernah lupa itu,” ungkap Sa’bani disambut tawa Gubernur Isran Noor, Wagub Hadi Mulyadi dan hadirin peserta acara silaturahmi di Pendopo Odah Etam, Rabu (2/2/2022).

Kenangan kedua juga tak mungkin dilupakan mantan Sekda Kaltim itu. Kenangan ketika dirinya tak memiliki pakaian safari, padahal harus tampil dalam satu sesi presentasi dalam rakorbang.

“Pak Fathul kembali meminjami saya baju safari,” ucap Sa’bani sembari tertawa.

Sampai akhir masa tugas pun, keduanya tetap bersama. Sejak 1 Febaruari 2022, keduanya sudah tidak lagi menjadi pejabat struktural di lingkup Pemprov Kaltim.

Soal karakter kepemimpinan, Sa’bani memuji kepemimpinan Gubernur Isran Noor. “Ciri kepemimpinan beliau berbeda. Beliau konsisten,” puji Sa’bani.

Sedangkan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi menurut Sa’bani adalah tipikal pemimpin yang mau mendengarkan staf sebelum akhirnya mengambil keputusan.

“Kalau Pak Wagub adalah politisi yang mau mendengar bawahan sebelum mengambil keputusan,” kata Sa’bani.

Sa’bani sendiri mengawali karir di Bappeda Kaltim pada 1 Maret 1988 sebagai Penata Muda dengan golongan ruang IIIa. Mengakhiri karirnya sebagai PNS Sa’bani tuntas hingga ke puncak yakni Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim sejak 23 September 2020 dengan pangkat Pembina Utama dan golongan ruang IV/e.

Sejumlah tugas jabatan sudah ditunaikannya. Mulai dari Kasie Ipe di Bappeda Kaltim pada tahun 1993, Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda Balikpapan tahun 1994, Asisten Pembangunan Setda Kota Balikpapan, Kepala Bappeda Kota Balikpapan, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Kaltim, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Provinsi Kaltim, Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian dan Kesra, dan terakhir Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim (23 September 2020-31 Januari 2022). Sa’bani dikenal sebagai birokrat yang santun dan sederhana. (sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait