Kalimantan Timur
Wagub Bangga dan Bersyukur Bisa Bertemu Warga Muara Andeh

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

MUARA SAMU  - Rangkaian acara terakhir dari seluruh kegiatan kunjungan kerja Wakil Gubernur Kaltim ke wilayah selatan berjalan lancar dan sukses. Kunjungan ke masyarakat hukum adat (MHA) Paring Sumpit, Desa Muara Andeh, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser menjadi penutup kegiatan orang nomor dua Benua Etam beserta rombongan di kabupaten paling selatan Kalimantan Timur ini. 

 

Wagub Hadi Mulyadi mengaku bangga dan bersyukur karena sudah bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Muara Andeh, khususnya masyarakat adat Paring Sumpit yang sudah ditetapkan sebagai masyarakat hukum adat (MHA). 

 

“Bangganya saya karena masyarakat Kabupaten Paser adalah masyarakat yang taat dan patuh dalam menjaga kelestarian lingkungan. Terbukti dengan ditetapkannya dua masyarakat hukum adat di Paser, yaitu MHA Mului di Desa Swan Slutung dan MHA Paring Sumpit di Desa Muara Andeh ini. Karena memang baru ada dua MHA di Kaltim dan keduanya ada di Paser. Terima kasih masyarakat Paser yang sudah menjaga kelestarian hutan dan alam untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita nantinya,” ujar Hadi Mulyadi saat bersilaturahmi dengan masyarakat adat Paring Sumpit dan warga Desa Muara Andeh di lapangan SDN 008 Muara Samu, Kamis (9/6/2022). 

 

Pada kesempatan ini, Wagub Hadi Mulyadi yang selalu didampingi Bupati Paser Fahmi Fadli bersama Wakil Bupati Syarifah Masitah Assegaf dan Forkopimda Kabupaten Paser memberikan sejumlah bantuan dari Pemprov Kaltim, seperti bibit jeruk, alat tanam jagung dan 10 kg benih jagung dari Dinas Pangan TPH, bibit aren genjah dan sertifikat PIRT/Produk Industri Rumah Tangga (Dinas Perkebunan), vaksin hewan jenis jemrana dan vaksin rabies (Dinas Peternakan), masker dan multivitamin (Dinas Kesehatan). Sebelumnya juga diserahkan piagam penghargaan kepada Kepala Adat Paring Sumpit dari Dinas Kehutanan.

 

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini juga melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian posyandu dan Kantor Desa Muara Andeh. Juga dilakukan peninjauan benda pusaka dan kerajinan MHA Paring Sumpit.  Serta panen madu kelulut di lokasi binaan UPTD KPHP Kendilo. (her/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation