Kalimantan Timur
Wagub Beri Motivasi 241 Kepala SMA/SMK/SLB. Pesannya, Ojo Dibandingke

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

BALIKPAPAN ,- Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kompetensi Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Negeri Jenjang SMA/SMK/SLB se-Kalimantan Timur di Ballroom Grand Jatra Hotel Balikpapan, Minggu (6/11/2022).

 

Kepada para kepala sekolah dari seluruh kabupaten dan kota  di Kaltim itu Wagub Hadi Mulyadi banyak memberikan motivasi. Mulai dari kisah perjalanan hidupnya menjadi guru, kepala sekolah dan dosen, lalu pelajaran penting dari kedua orang tuanya,  hingga beragam teori dari para ilmuwan dunia.

 

Ada enam hal disampaikan Wagub Hadi Mulyadi yang harus dimiliki para kepala sekolah agar sukses dalam tugas dan kariernya.

 

"Pertama setiap kepala sekolah harus memiliki cita-cita. Kemudian ketulusan/keikhlasan, kerja keras, kerja sama,  komunikasi, dan peningkatan kompetensi. Terakhir jangan lupa berdoa," pesan Wagub.

 

Cita-cita akan mempengaruhi semangat untuk berjuang. Ketulusan akan melahirkan ketenangan hati dalam bekerja. Kerja keras akan menjadi kunci sukses. Sedangkan komunikasi harus selalu dibangun karena setiap saat manusia pasti membutuhkan orang lain. 

 

"Mencapai cita-cita itu  harus dengan kerja keras. Kepada anak cucu,  kita juga  harus wariskan kerja keras," seru Wagub.

 

Menurut Wagub, semua kesuksesan bisa diraih dengan kerja keras. Bahkan semua presiden Indonesia, mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo sekarang, semua bisa berhasil karena kerja keras.

 

"Ojo dibandingke mereka itu. Yang pasti semua presiden kita adalah pekerja keras. Bapak ibu juga bisa menjadi kepala sekolah sekarang, pasti karena kerja keras," tandas Wagub.

 

"Berikutnya, bangunlah komunikasi agar kita bisa berkolaborasi dengan banyak orang. Dan hulu dari komunikasi itu adalah ketulusan," beber Wagub.

 

Wagub mengaku sangat bahagia karena setelah empat tahun bertugas,  baru kali ini bisa bertemu dengan para kepala SMA/SMK/SLB sekaligus dalam jumlah lumayan besar.

 

"Saya sangat bahagia. Sudah empat tahun saya jadi wakil gubernur,  baru kali ini saya bisa bertemu semua kepala sekolah sekaligus. Semoga lahir generasi-generasi berkualitas dari para kepala sekolah ini," puji Wagub Hadi.

 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Kurniawan menjelaskan pelatihan ini diikuti 241 kepala sekolah.

 

Tujuan pertama pelatihan ini dijelaskan Kurniawan  adalah memberikan penyegaran kepada para kepala sekolah terkait peningkatan manajemen supervisi.

 

Kedua meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepala sekolah dalam melaksanakan berbagai perubahan pada satuan pendidikan masing-masing.

 

"Ketiga, sebagai wahana silaturahmi  dan berbagi informasi," ungkap Kurniawan.

 

Mereka yang mengikuti pelatihan secara adalah 143 kepala SMA, 87 kepala SMK dan 11 kepala SLB.  (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation