Kalimantan Timur
Wagub Minta Menpora Galakan Kembali Senam Kesegaran Jasmani

Foto Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA -  Wakil GUbernur Kaltim H Hadi Mulyadi  mengatakan penanganan preventif tentu menjadi lebih utama darIpada penangangan kuratif, dengan  mengajarkan kepada anak-anak  sejak dIni untuk melaksanakan pola hidup sehat. Caranya  rajin berolahraga seperti  menggalakkan kembali senam kesegaran jasmini (SKJ)  yang pernah populer di eara tahun 1980. Karena SKJ gerakannya sederhana tapi manfaatnya luar biasa.  

 

“Oleh karena  itu, pada saat bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali pada  puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 di Stadion Batakan Balikpapan, saya meminta untuk bisa menggalakkan kembali SKJ, dan dijawab Menpora  siap melaksanakan kembali,” kata Hadi Mulyadi kepada Tim Publikasi  Biro Administrasi Pimpinan (Adpin) Setdaprov Kaltim, beberapa hari lalu.  

 

Hadi Mulyadi  menambahkan, saat ini pada usianya di atas 50 tahun, banyak penyakit yang muncul karena masalah sepele, di antaranya adalah malas gerak (mager) karena kesibukannya, belum lagi dengan  pola makan B2SA (Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman)  tidak dipahami oleh masyarakat, belum lagi empat sehat lima sempurna.

 

“Dulu waktu kita masih di sekolah dasar, yang namanya program  empat sehat lima sempurna hapal dan mengerti semua maksudnya,  termasuk gerakan-gerakan SKJ hapal semua, tapi sekarang B2SA tidak mengerti, bagaimana makanan  bergizi, beragam, seimbang dan aman seperti apa. Artinya bagaimana kita semua  untuk menyosialisasikan cara hidup sehat belum maksimal kepada masyarakat,” kata Hadi Mulyadi. 

 

Terkait dengan penanganan preventif, Wagub Hadi Mulyadi  mengajak seluruh masyarakat  Kaltim  untuk melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)  yang bertujuan  menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan, serta  menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas.

 

"Marilah kita laksanakan Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik," pinta Hadi Mulyadi.

 

Gerakan Germas, lanjut Hadi Mulyadi  perlu digaungkan oleh seluruh pemangku kepentingan di seluruh wilayah Kaltim, baik dari unsur pemerintah, swasta serta seluruh lapisan masyarakat.


“Mari kita tingkatkan kesadaran  untuk berperilakui hidup bersih dan sehat dengan melaksanakan gerakan Germas," pesan  Hadi Mulyadi. (mar/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait