Kalimantan Timur
Wagub : Pimpinan OPD Jadilah Teladan Bagi Staf dan Masyarakat

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur H Hadi Mulyadi didaulat sebagai narasumber webinar seminar ASN BerAKHLAK menuju Kaltim Berdaulat yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim, Selasa 7 Februari 2023. 

 

Melalui seminar tersebut, Hadi berpesan kepada seluruh peserta yang diikuti seluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltim dan OPD pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim agar sebagai pimpinan mampu menjadi teladan bagi staf maupun masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal dan tempat bekerja.

 

“Artinya, ketika menjadi pimpinan dapat menjadi contoh kepada bawahannya atau staf dan masyarakat. Maksudnya adalah, bagaimana seorang pemimpin mencerminkan kepribadian yang baik kepada sesama. Untuk itu, semua itu harus tercermin dalam sikap dan aktivitas kita,” pesan Hadi Mulyadi yang juga dihadiri Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi.

 

Dari pesan tersebut, sambung Hadi, agar seluruh pimpinan OPD ketika selesai atau masih aktif bekerja dan pada saat disurvei oleh seluruh pegawai, maka hanya kebaikan-kebaikan  saja yang tercermin dalam hati seluruh staf mereka. Untuk itu, ketika memimpin di sebuah organisasi terutama OPD, baik hati, sikap, aktivitas pemimpin tersebut harus betul-betul memiliki hati yang bersih.

 

Selanjutnya, sebagai pelayan masyarakat maupun staf, maka diperlukan hati yang bersih dalam melaksanakan semua aktivitas yang dijalankan. Kondisi tersebut, lanjut Hadi, memang tidak mudah. Ketika kondisi tersebut bisa dihadapi dan dijalani dengan penuh ikhlas, maka siapa saja yang bekerjasama dengan pemimpin tersebut dapat lebih mudah menjalani pekerjaan yang dihadapi.

 

“Insyaallah ketika semua pemimpin OPD bisa melewati itu semua, maka akan mudah menjalani pekerjaan yang begitu rumit maupun penuh tantangan. Karena, hatinya sudah tenang. Sebab, semua ditujukan untuk kebaikan dan manfaat bagi orang lain,” jelasnya.

 

Selain itu, setiap pemimpin juga dapat memberikan contoh agar berpenampilan yang baik di hadapan staf maupun siapa saja yang menjadi mitra kerja mereka. Artinya, bukan harus berpakaian mewah. Prinsipnya, ketika siapa saja bertemu, selalu senang.  

 

Karena itu, ketika kondisi tersebut mampu dimanfaatkan dengan baik, maka seluruh pemimpin OPD mampu membawa staf maupun orang lain mewujudkan bagaimana ASN yang BerAKHLAK atau berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif menuju Kaltim Berdaulat. (jay/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation