Kalimantan Timur
Wisata yang Bagus Bermanfaat Bagi Masyarakat dan UMKM

Foto Cinthia Ayu Azhari / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SAMARINDA - Setelah berjetski di Sungai Mahakam Kota Samarinda. Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr Akmal Malik menjelaskan objek wisata Kota Samarinda sangat menjanjikan. Bahkan terus berkembang maju. Tak terkecuali permainan jetski atau olahraga jetski di Sungai Mahakam.

 

Bagi Akmal sapaan akrabnya, Samarinda sudah punya potensi wisata bagus. Khususnya Permainan jetski. Lokasinya sudah ada, yakni di kawasan teluk Sungai Mahakam Kota Samarinda. 

 

Hanya saja, tinggal bagaimana mengemasnya. Mulai keamanan, ketertiban dan kebersihan harus diperhatikan. Bahkan, terpenting lagi adalah mampu melibatkan masyarakat.

 

“Jadi, wisata yang bagus itu adalah, wisata yang mampu melibatkan masyarakat. UMKM-nya bergerak, pertumbuhan ekonomi masyarakat membaik. Terutama, melalui wisata permainan jetski Sungai Mahakam,” pesan Akmal baru-baru ini saat Festival Mahakam Kota Samarinda Tahun 2023, di Dermaga Pasar Pagi Samarinda.

 

Pemprov Kaltim mengapresiasi Pemkot Samarinda yang sudah mengembangkan objek wisata di wilayahnya. Artinya, objek wisata yang bagus adalah mampu melibatkan masyarakat.

 

Dengan begitu, maka akan mampu membangkitkan pertumbuhan UMKM. Bahkan, ketika Kota Samarinda ingin mengembangkan objek wisata di pinggiran Sungai Mahakam atau Tepian Mahakam, maka Pemprov menegaskan, kondisi tersebut harus ada kolaborasi.

 

“Untuk itu, saya akan komunikasi dengan berbagai pihak di lingkungan Pemprov Kaltim, yakni Dinas Pariwisata Kaltim. Karena itu, pemprov siap mendukung. Karena, semua manfaatnya masyarakat yang menerima. Sebab, Kota Samarinda kita siapkan sebagai salah satu destinasi wisata bagi masyarakat  IKN nanti,” jelasnya. (jay/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation