Enam Kabupaten/Kota Terima Penghargaan Pembangunan Daerah Dari Pemprov Kaltim

SAMARINDA - Enam dari sepuluh kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Pemerintah Provinsi Kaltim.  Kabupaten/kota tersebut di antaranya adalah Paser, Berau, Kutai Kartanegara (Kukar), Bontang, Balikpapan, dan Samarinda.

Penghargaan ini diserahkan langsung kepada bupati dan walikota oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Prof. Akmal Malik dalam acara Musrenbang RPJPD Kaltim 2025-2045 dan RKPD Kaltim 2025 di Hotel Mercure Samarinda, Kamis (2/5/2024).

Elqq Abh Gx Dbi5 Vrg

"Kami ucapkan selamat kepada para penerima Penghargaan Pembangunan Daerah. Kalau kota, rasanya tahu semua akan menang. Hanya posisinya saja yang mana peringkat satu, dua, atau tiga? Kita harapkan kinerja pemerintah kabupaten/kota bisa lebih baik lagi. Supaya bisa berkontribusi secara lebih optimal," kata Akmal Malik usai menyerahkan penghargaan PPD kepada para penerima.  

penghargaan pembangunan daerah dari pemprov kaltim

Penghargaan Pembangunan Daerah  merupakan bentuk apresiasi atas prestasi pembangunan yang dicapai oleh kabupaten/kota pada tahun 2023. Penilaian PPD melibatkan tim penilai independen yang terdiri dari unsur akademisi, Kepala SKPD Provinsi, dan Kepala Instansi Vertikal.

Aspek penilaian PPD mencakup pencapaian pembangunan, sinergi dan keterkaitan perencanaan pembangunan, konsistensi dan kedalaman substansi, serta inovasi pembangunan daerah.

Penghargaan Pembangunan Daerah dari Pemprov Kaltim

Penyerahan PPD Tahun 2024 dibagi menjadi dua kategori, yaitu tiga kabupaten dan tiga kota. Dalam Kategori Kabupaten, peringkat PPD Terbaik III diraih oleh Kabupaten Paser, Terbaik II Kabupaten Berau, dan Terbaik I diraih oleh Kabupaten Kukar.

Sementara dalam Kategori Kota, Terbaik III diraih oleh Kota Bontang, Terbaik II Kota Balikpapan, dan Terbaik I diraih oleh Kota Samarinda. (KRV/pt)